oleh

Pemkot Dituntut Ganti Rugi Lahan Sekitar TPA Tamangapa

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menginventarisasi lahan yang ada disekitar TPA Tamangapa. Hal ini, lantaran sampah di daerah sekitar TPA Tamangapa sudah masuk ke tanah milik warga sekitar TPA.

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, mengatakan, akan melakukan inventarisasi atau pengecekan status tanah bersama dinas pertahanan untuk mencari tahu siapa pemilik tanah tersebut. Menurutnya, sebelum lahan tersebut dibayar oleh pemerintah, pemilik tanah harus membuktikan bahwasanya tanah tersebut merupakan tanahnya.

“Tuntutan warga meminta kepada kami karena sampah sudah menyentuh lahannya, terus mereka minta agar pemerintah segera membebaskannya. Kita minta ke Dinas Pertanahan untuk segera mengecek status pertanahannya. Kalau memang statusnya sudah jelas ya kita minta untuk dianggarkan untuk membayar,” terang Iqbal.

Perihal pembayaran, Iqbal menyebut tidak ada persoalan jika pemerintah harus membayar tanah tersebut untuk ganti rugi. Hanya saja, perlu cukup bukti kepemilikan tanah kepada Pemkot Makassar untuk melakukan pembayaran, sebab Pemkot juga harus menganggarkan terlebih dahulu.

“Yang mau di inventarisasi adalah siapa pemiliknya. Memang berhak untuk kita bayar. Nah ini yang menjadi permasalahan sekarang. Soal pembayaran kan tidak ada persoalan. Kita bisa menganggarkannya. Tapi siapa yang berhak menerimanya. Kita tidak mau bayar kepada tanah negara. Karena disitu adalah air/kayak danau,” ucapnya.

Iqbal telah menyampaikan hal ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sebab. “Tadi kami menyampaikan kepada dewan karena pada prinsipnya kami tidak ada permasalahan. Saya pikir ya tidak ada masalah jika masyarakat dapat membuktikan itu lahannya,” jelasnya, Kamis (23/1/2020). (*)

Komentar