oleh

Telan Anggaran Rp19 Miliar, Pemkot Bakal Hadirkan RPH Modern di Makassar

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menghadirkan Rumah Potong Hewan (RPH) Modern di Kota Makassar.

Proyek ini akan menggandeng Pemprov Sulsel dan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

Proyek dengan nama Pasar Ternak Modern ini, diwacanakan akan menelan anggaran hingga Rp19 miliar dan akan dimulai pada tahun ini.

Anggaran itu terdiri dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov sebesar Rp10 miliar, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Rp3 milliar dan APBD Kota Makassar sebesar Rp 6 miliar.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando mengatakan, semua ini hirarki pemerintahan menghendaki adanya perubahan. Lantaran melihat RPH Manggala Antang saat ini tidak standar dan tidak layak.

“Bangunan lama yang sudah berkali-kali ditegur oleh kementerian pertanian melalui dirjen peternakan, ke dia juga ditegur dari Mabes Polri, melalui Ka Baharkam. Ke tiga dari bapak gubernur. Saya kira semua ini hirarki pemerintahan menghendaki adanya perubahan. Dan memang yang kita lihat sekarang ini kondisinya sama seperti saat ini. Siapa pun yang melihat ini semua menyatakan bahwa RPH ini tidak standar dan tidak layak,” ujar Rahman, Kamis (23/1/2020).

Ia menambahkan, yang menjadi masalah saat ini karena RPH yang sekarang tidak memiliki sertifikat halal dan tidak memiliki yang namanya Nomor Kontrol Veteliner (NKV) yang merupakan suatu kodefikasi sebuah rumah potong hewan yang dikeluarkan oleh kementerian pertanian. Kemudian sertifikat halal itu dikeluarkan oleh MUI yang tentunya ditangani oleh pemerintah pusat.

Menurutnya alasan kementerian tidak memberikan sertifikat NKV, karena standar dan kriteria yang harus dimiliki oleh RPH tidak dipenuhi. “Nah kementerian tidak memberikan NKV karena tidak layak,” terangnya.

Komentar