oleh

Tingkatkan Mutu Ekspor Rajungan, BKIPM Makassar Gelar Inspeksi di Bone

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Ekobis-

BONE, BACAPESAN.COM – BKIPM Makassar sebagai unit kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan inspeksi Cara Pengolahan Ikan yang Baik (CPIB).

Inspeksi ini dilakukan di unit pengumpul rajungan yang berlokasi di dusun Kaju desa Tunreng Tellue kecamatan Sibulue kabupaten Bone.

Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah, menyatakan standar keamanan pangan yang dipersyaratkan oleh negara tujuan harus dipenuhi, termasuk sistem ketelusuran produk dari nelayan sampai eksportir.

Menurut Sitti, Pemerintah juga telah membuat regulasi untuk mengatur ketentuan tersebut dengan menerbitkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 52/PERMEN-KP/2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Penerbitan Sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik Di Supplier.

“Aturan tersebut telah mengatur bahwa setiap suplier hasil perikanan wajib menerapkan dan memenuhi persyaratan prosedur operasi standar sanitasi” terang Sitti.Jumat (24/01/2020)

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Bone, Andi Wahida, menyatakan rajungan merupakan mata pencaharian utama bagi nelayan di dusun Kaju.

“Bahan baku rajungan yang diambil berasal dari teluk Bone dan dibina oleh pabrik pengalengan di Makassar. Kami berharap pengumpul rajungan tersebut bisa disertifikasi oleh BKIPM ” kata Wahida. (*)

 

Komentar