oleh

Rutan Pangkep Jamin Integritas Lewat Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Atho-Pangkep-

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Rutan Kelas II Pangkep gelar mendeklarasikan Resolusi Pemasyarakatan. Hal ditandai dengan penandatanganan komitmem bersama janji kinerja dan pakta integritas 2020, Senin (27/01).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pencanangan pembangunan zona integritas, menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Penandatanganan ini dihadiri Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, jajaran Forkopimda, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulsel dan Kepala Kantor Wilayah kemenkumham RI Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Obudsman RI Sulawesi Selatan, Subhan Djoer berharap agar apa yang menjadi komitmen tidak hanya sebatas internal rutan saja namun mendapat pengkauan dari masyarakat luas.

“Memang piagam pakta integritas itu penting, namun yang paling penting bagaimana penghargaan dan penilaian ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat terhadap Lapas itu sendiri,” ujar Subhan Djoer.

Dia berharap Rutan Pangkep membangun hubungan baik dengan penghuni, dan memperlakukan penghuni secara manusiawi.

Sementara itu Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana mengapresiasi langkah Rutan Pangkep. Dia berharap penandatanganan tersebut tidak sebatas kegiatan seremonial semata.

“Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan atas apa yang dilakukan Rutan Pangkep hari ini, semoga tidak semata sebagai kegiatan seremonial, namun bisa kita jalankan dengan penuh tanggung jawab,” harap Syahban.

Dihadapan Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Syahban mengaku jika di Rutan Pangkep tidak ada diskriminasi, dan betul betul lapas ini memberi kegiatan positif kepada penghuninya, baik itu dalam bentuk kerajinan hingga kegiatan yang religius.

“bahkan ada penghuni lapas yang tidak mau keluar dari sini, saking enaknya, ya,” seloroh Syahban yang disambut riuh penghuni lapas.

Terpisah Kepala kantor wilayah kemenkumham Sulsel, Priyadi berharap agar hubungan baik Rutan dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep tetap terjaga, diapun percaya, mengingat kegiatan tersebut dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Pangkep. (*)

Komentar