oleh

Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Pengurus Lembaga Mahasiswa dan UKM UMI

Editor : Ashar Abdullah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pelatihan pendidikan karakter bagi pengurus lembaga mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMI berlangsung di Aula Prof.Dr.Masrurah Mokhtar, M.A Kantor UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah Kampus 2 UMI, Kamis (30/1/2020).

Hadir Wakil Rektor IV UMI Dr.KH.M.Zein Irwanto,M.A sekaligus membuka acara ini secara resmi. Hadir pula Ketua UPT.PKD UMI Dr.M.Ishaq Shamad,M.A, para Kabid UPT PKD dan 40 orang peserta.

Dalam sambutan pembukaan, dikatakan tema sentral Nabi Muhammad Saw diutus untuk menyebarkan rahmat dan intinya adalah untuk menyempurnakan akhlaq manusia, bukan menyempurnakan ekonomi, dst. Dengan akhlaq yang baik akan melahirkan kasih sayang antar manusia.

Akhlaq saat ini disebut moral dan karakter. Akhlaq adalah perbuatan dan sifat sebagai aktualisasi yang ada dalam sifat manusia. Al-Qur’an menyebut, berbahagialah orang yang membersihkan jiwanya dan celakalah orang yang tidak mau belajar.

Mengutip pandangan Prof. Dr.Angkona, ahli karakter menyebut ada 8 rukun perubahan karakter, antara lain yakni; keteladanan (misalnya pada diri nabi ada keteladanan dengan memberi contoh yang baik).

Selain itu, mencari orang untuk diteladani. Untuk itu, dibutuhkan mahasiswa yang mampu menjadi pemimpin yang memberi teladan. Rukun selanjutnya melalui proses pembelajaran, mematuhi aturan, terutama mematuhi aturan agama untuk bersatu dengan selalu berbaik sangka kepada sesama. Rukun terakhir, adalah bertaubat atas segala kesalahan dan dosa.

Walaupun demikian, Nabi telah mengajarkan sifat keteladanan dan kemampuan membaca (iqra). Marilah menjadi pewaris nabi, dengan banyak membaca dan memiliki akhlaq yang baik, sebagaimana Rasulullah diakui Allah dan makhluk sebagai manusia dan pemimpin terbaik.

Sementara itu Dr.M.Ishaq Shamad menyampaikan, tujuan pelatihan pendidikan karakter bagi pegurus lembaga mahasiswa dan UKM UMI antara lain agar tokoh mahasiswa UMI menjadi teladan yang baik bagi mahasiswa UMI lainnya. Selain itu, pendidikan karakter menjadi program unggulan pimpinan UMI dalam membentuk manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul kariymah.

“Materi yang disajikan antara lain; 16 Karakter Pencerahan Qalbu UMI, Grand Disain Pengembangan Karakter UMI, Kepribadian Muslim dan Revolusi Mental disertai simulasi dan praktek,” jelasnya. (*)

Komentar