oleh

Dinkes : Banyak Penderita Kusta Tidak Ditemukan Karena Stigma Diskriminasi

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Gaya Hidup, Kesehatan, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Azikin menyebut ada 149 kasus kusta pada anak yang baru ditemukan.

Ia mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan fakultas kedokteran bagian kulit, perhimpunan dokter spesialis dan akan mengukuhkan kader-kader untuk mencegah timbulnya penyakit kusta. Sebab menurut Naisyah, penyakit kusta dapat menular.

Naisyah menjelaskan, selama ini banyak penderita kusta yang tidak ditemukan karena adanya stigma diskriminasi sehingga mereka menghindari pemeriksaan.

Pasalnya, saat ini sudah dilakukan mapping-mapping kantong kusta diseluruh Kota Makassar. Mapping ini, yang nantinya tim kader, puskeamas, dan dokter spesialis akan turun langsung melakukan pemeriksaan kontak seluruh rumah untuk menemukan penderita baru penyakit kusta.

“Kedepan saat ini sudah dilakukan mapping-mapping kantong-kantong kusta di seluruh kota Makassar. Pada Mapping nanti ini tim, kader, puskesmas, dan dokter-dokter spesialis akan turun melakukan pemeriksaan kontak serumah untuk menemukan penderita-penderita baru,” jelasnya. (*)

Komentar