oleh

Peringati Hari Kusta Sedunia, Pemkot Lakukan Pemeriksaan Dini

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Dalam rangka memperingati hari Kusta sedunia Departemen Dermatologi dan Venereologi Unhas, Penghimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuka pemeriksaan secara dini temukan bercak untuk mencegah timbulnya penyakit kusta.

Pringatan Hari Kusta Sedunia ini mengangkat tema “Kusta dapat dicegah dengan disembuhkan” dengan cara “ayo temukan bercak”, di Lapangan Tribun Karebosi Makassar, Senin (3/2/2020).

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb berharap, kerjasama ini dapat bersama-sama berpartisipasi aktif pengendalian penyakit kusta di kota makassar sehingga berjalan lebih baik dengan mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan secara dini.

Diketahui, Sulawesi Selatan masuk urutan ke enam tertinggi, Revalensinya Makassar urutan 1,17 artinya sekitar 190-an untuk tingkat cacatnya kota makassar termasuk tinggi.

Iqbal mengatakan, jika ditemukan gejala penyaki kusta ini, segera langsung lakukan pengobatan. Artinya jika semakin dini ditemukan penyakit kusta akan lebih bagus supaya tidak menimbulkan cacat. Bahkan pemkot sendirk menargetkan untuk 2025 mendatang, penyakit kusta tersebut sudah hilang.

“Artinya kalau sudah ditemukan kalau bisa langsung pengobatan, langsung bisa semakin Dini ditemukan. semakin bagus supaya bisa tanpa menimbulkan cacat tanpa menimbulkan bekas-bekas,” terang Iqbal.

Iqbal menambahkan, kegiatan ini dilakukan supaya penderita tidak ada rasa malu untuk berobat. Selain itu penderita juga bisa terdata, sebab jika datanya pengkap maka akan semakin bagus.

Kegiatan ini, dihadiri oleh kader-kader yang akan memantau di masyarakat. Supaya bisa bergaul langsung dengan masyarakat sekaligus melihat dan mendata kemudian melaporkan ke tenaga -tenaga medis. (*)

Komentar