oleh

Pemprov Sulsel Lelang 9 Jabatan Eselon II

Editor : Ashar Abdullah-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel kembali membuka lelang pada Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama setelah mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Lelang jabatan yang akan dilaksanakan ini diperuntukkan untuk pejabat eselon II Provinsi Sulsel.

Namun pendaftaran lelang ini hanya dibuka untuk sembilan jabatan dari 13 jabatan yang masih lowong. Kesembilan posisi tersebut ialah jabatan Sekretaris DPRD, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, Bappeda, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Biro Organisasi, Biro Pengadaan dan Barang Jasa, dan Biro Umum.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani mengatakan, baru sembilan jabatan inilah yang disetujui oleh KASN untuk dilakukan lelang. Olehnya jabatan lainnya masih menunggu persetujuan lanjutan.

“Sementara empat posisi lainnya yang belum dilelang antara lain Dinas Pendidikan, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Dinas Kesehatan, dan Dinas Kominfo. Saat ini posisi tersebut masih dijabat pejabat pelaksana tugas,” kata Abdul Hayat Gani.

Dijelaskan Hayat, bahwa pihak pemprov akan tetap melakukan lelang jabatan untuk keempat jabatan ini. Namun sebelum itu, pihaknya akan melihat situasi kondisi yang terjadi terlebih dahulu, baru lelang untuk jabatan ini diajukan kembali ke KASN.

“Yang sembilan jabatan itu merupakan persetujuan KASN. Yang lain, lihat dulu situasi dulu lah, baru kita buka lagi,” ucapnya.

Pendaftaran berlangsung hingga 8 Februari mendatang. Selanjutnya berkas akan diproses atau memasuki tahapan administrasi pada 9 Februari.

Setelah seleksi administrasi, kemudian dilakukan assesmen atau uji kompetensi managerial dan sosial kultural pada 10 Februari. Seleksi terakhir yaitu tes wawancara oleh panitia seleksi pada 11 Februari.

“Setelah semua proses berlangsung, Pansel akan menyerahkan dan mengumumkan tiga nama peraih nilai tertinggi. Dari tiga nama ini, salah satunya akan dipilih oleh Gubernur untuk menjadi pejabat definitif,” tutup Hayat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Asri Sahrun Said mengatakan, tidak semua jabatan eselon II yang kosong akan dilelang sekaligus. Pengisiannya bertahap. “Sembilan jabatan dahulu dilelang,” ungkapnya.

Bagi ASN aktif yang ingin mengikuti lelang jabatan maksimal berusia 56 tahun per 1 Maret 2020. Juga pernah menjabat eselon IIIa minimal dua tahun, eselon IIIb minimal tiga tahun. Atau pernah jabatan fungsional jenjang ahli madya minimal 2 tahun. (*)

Komentar