oleh

Beri Kuliah Umum di Unhas, Mentan Syahrul Bahas Proker 100 Harinya

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Jumat (07/02/2020).

Mengusung tema ‘Menjadikan Hukum Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dalam Mendukung Kemandirian, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional’, kegiatan ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Hukum Unhas.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof Farida dalam sambutannya merasa bangga karena orang yang telah mengabdi selama 25 tahun dibidang pemerintahan ini bersedia memberikan kuliah umum.

“Kita selalu bangga karena di berikatan perhatian luar biasa oleh bapak Menteri. Beliau juga merupakan ketua IKA Unhas,” katanya.

Dalam kesempatan ini pula, Prof Farida meminta penjabaran SYL mengenai salah satu dari tiga program kerja seratus harinya yang telah diapresiasi oleh Presiden.

“Kita akan mendengarkan program 100 hari pertama yang di canangkan pak Menteri dan mendapat apresiasi oleh persiden. Tiga terobosan tersebut diantaranya Harus ada single data, Pencanangan ekspor tiga kali lipat dan Pencegahan alih fungsi pertanian. Nah kita akan meminta penjelasan mengenai poin ketiga karena telah ada undang undang yang mengatur,” pintanya.

Menanggapi permintaan tersebut SYL dalam kuliah umumnya menjabarkan Undang Undang nomor 41 tahun 2009 tentang pencegahan alih fungsi lahan.

“Alih fungsi lahan sudah ada undang undang yang mengaturnya yakni UU nomor 41 tahun 2009 dan bagi pelanggar hukumannya 5 tahun penjara.” Katanya.

Lebih jauh SYL menekankan bahwa pertanian adalah masa depan bangsa yang harus dijaga kelestarian terutama lahannya.

“Masyarakat butuh makan kan, kita tidak bisa makan kalau tidak ada pertanian. Kalau itu terjadi maka anak cucu kita akan mengalami kesulitan,” ucapnya.

Komentar