oleh

PLN UIW Jaga Bumi dengan Energi Baru Terbarukan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar menghadiri Talkshow ‘Kemitraan Menjaga Bumi’ sekaligus gaungkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan support UMKM yang ramah lingkungan di Phinisi Point, Makassar.

Hadir dalam talkshow ‘Kemitraan Menjaga Bumii yakni Manager UP3 Makassar Utara Yuli Ashaniais, Asman Stakeholder PLN UIW Sulselrabar Agus Salim serta dua Mitra binaan CSR, Dra. Suriyani pengelola Pangsitos Boga Nusa dan Siti Maryam. A. Ma pengelola Bank Sampah unit Salimah Karuwisi.

Kegiatan yang digagas oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, mengurangi pengunaan kantong plastik serta peluncuran kemitraan lingkungan berkelanjutan.

Sejalan dengan kegiatan inilah, PLN berkomitmen untuk melestarikan lingkungan serta mengurangi emisi karbon hingga 28% pada 2030 di Indonesia sesuai dengan program pemerintah.

Dalam talkshow, Manager UP3 Makassar Utara Yuli Ashaniais mengungkapkan saat ini PLN terus melakukan perubahan dari segi kelistrikan seperti pemanfaatan angin sebagai alternatif energi listrik yang ramah lingkungan.

“Era sekarang haruslah memperhatikan lingkungan, PLN juga ingin mengambil peran dalam menyelamatkan bumi. Untuk itu melakukan pengembangan dari segi kelistrikan yang lebih ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan masyarakat,” ungkapnya Jumat (07/02/2020).

Saat ini PLN telah menggunakan EBT yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat seperti Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) berlokasi di Jeneponto dan Sidrap, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Perlu diketahui, supply kelistrikan di wilayah Sulawesi Selatan khususnya Makassar, saat ini telah di supply menggunakan EBT sekitar 20%.

Tak hanya terus meningkatkan EBT yang ramah lingkungan, PLN UIW Sulselrabar juga memajukan UMKM sekaligus peduli lingkungan melalui pengelolaan Bank Sampah sebagai Mitra binaan CSR.

Siti Maryam. A. Ma sebagai pengelola Bank Sampah unit Salimah Karuwisi mengaku bangga dengan adanya bantuan PLN.

“Dukungan PLN melalui CSR kepada bank sampah ini merupakan bentuk kolaborasi yang bagus dalam membentuk lingkungan bersih dan sehat bebas sampah. Untuk itu mari bersinergi yang baik mengubah sampah menjadi berkah di bank sampah.” tutup Maryam. (*)

Komentar