oleh

Disdag Pantau Harga Bawang Putih

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Ditengah harga bawang putih impor yang melambung lantaran pasokan minim, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar akan memantau dan mengawasi potensi spekulan.

Diketahui, kondisi harga bawang putih yang saat ini naik, Disdag khawatir kondisi ini dimanfaatkan oleh oknum spekulan untuk mengambil keuntungan.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Andi Muh Yasir mengatakan kemungkinan akan diantisipasi dengan rutin mengawasi komoditas kebutuhan pangan di pasar.

“Kami akan melakukan pengawasan dilapangan supaya tidak ada lagi potensi pekulan,” singkat Yasir.

Berdasarkan peninjauan pasokan bawang putih diperkirakan cukup untuk kebutuhan hingga beberapa pekan mendatang. Yasir mengatakan saat ini, satuan tugas (Satgas) Pangan telah bergerak dengan turun menelusuri penyebab kenaikan harga bawang putih.

Selain pemerintah daerah, satgas pangan melibatkan berbagai unsur dan pemangku kepentingan, seperti Polisi dan TNI. Pihaknya menghimbau supaya pedagang tidak berbuat curang.

Pasalnya, jika ada yang berbuat curang maka akan diberi sanksi bagi para importir atau distributor yang melakukan penimbunan bawang putih. Sebab kata Yasir jika hal itu terjadi, dapat mengganggu stabilitas harga di pasaran.

“Kalau ada yang berbuat curang kita akan beri sanksi. Dengan tidak memberikan pasokan bagi para importir,” jelasnya.

Komentar