oleh

Rahmat Taqwa Resmi Jadi Anggota DPRD Makassar

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Rahmat Taqwa Quraisy, resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, di ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Makassar, Jumat (14/2/2020).

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo mengatakan, karena ada surat rekomendasi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tempat Ramhat bernaung meminta supaya dilakukan pelantikan. Selain itu, Rahmat sudah mengantongi SK Gubernur Sulsel sebagai anggota DPRD dari hasil KPU Kota Makassar.

“Sehingga kami berkesimpulan bahwa, sepanjang SK tersebut tidak pernah dibatalkan, sepanjang yang bersangkutan tidak di pecat keanggotaannya dari partai, sepanjang yang bersangkutan tidak mengundurkan diri, maka dia harus dilantik. Karena Pergantian Antar Waktu (PAW) tidak bisa terjadi kalau bersangkutan tidak dilantik.
Kalau PAW itu urusan partai yang bersangkutan meminta Rachmat untuk dilantik,” ujar Rudianto.

Pasalnya, setelah surat tersebut ditelaah di DPRD bersama bagian hukum, hasil konsultasi mengatakan bahwa Rahmat memiliki hak konstitusional yang harus ditunaikan.

“Karena secara hukum DPRD harus lantik, makanya kemudian menyikapinya dengan hari ini telah dilakukan pelantikan sumpah jabatan Rahmat Taqwa Qurais,” ungkapnya.

Saat pelantikannya, DPRD Makassar memperketat pengamanan dari unsur kepolisian dan Satpol PP. Hal tersebut, mencegah adanya aksi protes.

Namun, Rudianto menyebut persoalan kasus yang menjerat Rahmat yang menimbulkan perbedaan pendapat akan ditelaah pasca pelantikannya. Sebab kata dia, itu menjadi urusan partai tempat perhimpunan Rahmat.

“Soal kasusnya akan menimbulkan perbedaan pendapat, kami akan telaah kembali bagaimana pasca pelantikan, karena ada tahapan. Urusan internal kami tidak bisa campuri, karena itu urusan partai tempat berhimpunnya dia, dalam hal ini PPP yang meminta bersangkutan untuk dilakukan pelantikan,” jelasnya. (*)

 

Komentar