oleh

Semarakkan Bulan K3 Nasional, PT Semen Tonasa Gelar Penanaman Pohon

Editor : Ashar Abdullah-Bisnis, Ekobis-

BACAPESAN.COM – Dalam rangka Bulan K3, jajaran PT Semen Tonasa menggelar penanaman pohon diareal Ex. Open Yard Batu Bara Tonasa 5, Jum’at 14 Februari 2020.
Ribuan bibit pohon ditanam oleh karyawan dan karyawati serta Manajemen PT Semen Tonasa.

Tema bulan K3 tahun ini adalah Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Telnologi Informasi.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon Direktur Keuangan Ginarko Isnubroto, Direktur Operasional Bambang Haryanto serta para Eselon 1 dan 2 lingkup perusahaan PT Semen Tonasa.

Ketua panitia Bulan K3 PT Semen Tonasa James Pinem menjelaskan “luas lahan yang ditanami berkisar 1,3 Ha, pada kesempatan ini pohon yang kami tanam adalah coppeng 50 pohon, bu’ne 10 pohon, pasui 15 pohon, mangga 3 pohon, sawo 1 pohon, kecapi/settung 50 pohon, lamtoro 20 pohon, bitti 100 pohon, bayam jawa 20 pohon, glodokan 65 pohon, mahoni 60 pohon, pulai 50 pohon dan ketapang 20 pohon, dengan total secara keseluruhan sebanyak 1.065 pohon, urainya.

James menambahkan, dalam memperingati Bulan K3 Nasional kami menggelar berbagai kegiatan diperusahaan di antaranya Lomba Pemadam Api (Apar dan Hydrant), Lomba Penanganan P3K dan Karyawan Peduli K3. Dalam hal ini kami mengucapkan terima kasih kepada Direksi dan Manajemen Semen Tonasa yang mendukung kegiatan K3.

Direktur Operasional PT Semen Tonasa Bambang Haryanto mengatakan, Kegiatan penanaman pohon ini dirangkaikan dengan penutupan bulan K3. K3 sangat penting dan harus kita sadari bahwasanya kita bekerja di pabrik itu tidak terlepas dari potensi dan banyaknya resiko kecelakaan dan kita patut bersyukur tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Diharapkan rutin dilakukan simulasi K3, sehingga ketika ada kejadian kita sudah bisa melakukan tindakan secara efisien dan yang paling penting kita harus mencegah adanya resiko-resiko, ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjadikan K3 sebagai budaya,” ucapnya.

Sementara, Direktur Keuangan Ginarko Isnubroto sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh para karyawan dan karyawati PT Semen Tonasa. Khususnya untuk proper dan kita harus memperbaiki, seperti penanaman ini sangat kami apresiasi dan salah satu sasaran perusahaan untuk tahun 2020, imbuhnya.

Sebagai industri besar, Tonasa tidak hanya mengejar peningkatan produksi semata, tapi juga peduli akan kondisi lingkungan. “Produksi kita tingkatkan, kualitas lingkungan juga  kita tingkatkan, tambahnya.

Senada dengan itu Said Chalik selaku Biro Humas Semen Tonasa mengaku jika K3 saat ini menjadi perhatian khusus seluruh perusahaan, terlebih perusahaan seperti PT Semen Tonasa, karena saat ini K3 merupakan syarat sebuah kelanjutan perusahaan untuk terus bertahan.

Isu lingkungan dan K3 menjadi isu sentral, perusahaan yang bisa terus bertahan adalah perusahaan yang peduli K3 dan lingkungan, seperti apa yang di lakukan perusahaan kami,” ujarnya. (rls)

Komentar