oleh

Manajemen RS Andi Makkasau Beri Edukasi Pencegahan Penyakit Kepada Lansia, Bumil, dan Dialisis

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Managemen RSUD Andi Makkasau Parepare melaksanakan kegiatan temu lansia, bumil, dan dialesis dalam mencegah penyakit yang kerap menyerang kelompok lanjut usia (lansia), ibu hamil, dan dialisis.

Kegiatan itu berlangsung di Ruang Rapat lantai II RSUD Andi Makkasau, sabtu (15/2/2020), menghadirkan Dokter spesialis, dr.Novita dan Dokter Ahli Gizi dr.Rosmiati untuk mengedukasi tentang pola makan dan asupan gizi yang baik, serta angkah-langkah pencegahan penyakit itu.

Novita menjelaskan, penyakit seperti stroke, hipertensi, menjadi penyakit dominan yang diderita lansia. Olehnya itu ketika usia telah memasuki masa senja maka gaya gidup dan pola makan harus dijaga dengan baik.

“Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak perubahan, termasuk nafsu makan. Maka itu, orang yang sudah lanjut usia cenderung memiliki nafsu makan yang kurang, bahkan rentan mengalami anoreksia,” ujarnya.

Sementara, Rosmiati, ahli gizi RSUD Andi Makkasau menjelaskan, para penderita diabetes harus mengontrol konsumsi gula setiap harinya. Sebab diabetes merupakan sumber dari segala penyakit.

Adapun cara yang dapat dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Romiati mencontohkan bahwa nasi yang dikonsumsi cukup dengan sekepal tangan orang dewasa. Selain itu rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, kurangi lemak yang berasal dari minyak.

Sejumlah lansia yang hadir sangat antusias mendengarkan penjelasan dari kedua pemateri yang berkompeten di bidang masing-masing.
(***)

Komentar