oleh

Penilaian Pilot Project EPI dan VPD oleh WHO Selesai, Parepare Target Masuk Tiga Besar Se-Indonesia

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pelaksanaan EPI dan PVD oleh tim WHO, Global Fun dan GAVI selama 2 hari telah berakhir, di tandai dengan kunjungan lapangan dan posyandu oleh tim penilai. Di ketahui bersama bahwa Kota Parepare terpilih dalam 15 Kota Pilot Project dari 514 kab / Kota seluruh Indonesia, Parepare terpilih mewakili Sulawesi Selatan bersama dengan kab. Gowa.

Dalam kunjungan penilaian tersebut, tim melakukan kunjungan ke RS. Fatima sebagai partner kerja dari sektor swasta/klinik, puskesmas Lapadde, puskesmas Madising na Mario, dan RSU. A.Makkasau. dan tentu dinas kesehatan sebagai leading sektor program imunisasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Parepare, DR Hj Halwatia, dalam sambutannya mengatakan, sangat bangga dengan ditunjuknya Parepare dalam kegiatan ini. Hal itu kata dia, merupakan membuktikan bahwa pihaknya tidak pernah main main dengan keadaan kesehatan di Kota Kelahiran Presiden Ke-3 RI BJ Habibie.

“Karena hal ini mengenai generasi penerus bangsa, makanya kami sangat peduli, dan tentunya sejalan dengan visi bapak walikota Parepare yang mencanangkan parepare sebagai Kota peduli. Tentulah kami mendukung program kerja beliau yang sangat mulia itu,” ungkapnya

Dipilihnya Parepare sebagai pilot project pelaksanaan EPI dan VPD kata Halwatia, juga sebgai bukti bahwa program imunisasi di Kota Parepare sudah membuktikan diri sebagai yang terbaik. Selanjutnya dari 12 besar itu, pihaknya menargetkan Kota Parepare bisa masuk minimal terpilih tiga besar terbaik dari 34 provinsi se Indonesia.

Ke depan, Halwatia berharap Parepare mendapat kunjungan lagi yang serupa dari WHO, GF ataupun organisasi kesehatan lainnya.

“Semoga ke depan, program-program lain yang ada juga bisa diikutkan bahkan melebihi prestasi yang telah kita raih,” harapnya

Sementara itu, Pelaksana Program Imunisasi, Muliadi menambahkan, apa yang telah diraih oleh Dinas Kesehatan itu bukan hal yang mudah, banyak tahap yang harus dilalui.

“Di lakukan interview, wawancara dan kunjungan ke lapangan, tentunya hasil yang kita capai sangat membanggakan dan memuaskan tim penilai walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti sebagai masuk untuk kami,” tambahnya
(***)

Komentar