oleh

BBPJN Lanjutkan Pembangunan Tol Mamminasata

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII akan melanjutkan pembangunan Tol Mamminasata. Dimana, tol ini akan menghubungkan empat daerah yakni Maros, Makassar, Sungguminasa Gowa dan Takalar.

Kepala BBPJN XIII, Miftachul Munir mengatakan, pihaknya telah melakukan survei untuk kelanjutan pembangunan jalan tol tersebut. Namun perlu menunggu selesainya tol layang yang berlokasi di Jalan AP Pettarani.

“Sudah mulai survei yang depan UNM Pettarani, itu akan sampai ke arah barombong, sampai Takalar. Kita sudah diskusikan dengan investor,” katanya.

Berdasarkan grand design, Munir menjelaskan, jalan tol ini akan mulai dari depan Hotel Claro Makassar. Kemudian berbelok ke arah Jalan Sultan Alauddin.

Setelah itu, jalan tol akan berbelok ke kanan melewati Jalan Malengkeri. Kemudian terus hingga Barombong dan masuk Takalar. Desainnya seperti portal, kiri-kanan. Itu menerus ke arah Malengleri.

Sementara solusi kemacetan kearah Maros, akan dibangun tol dari Baddoka, tepatnya disimpang lima Mandai. Jalan tol ini dibangun sejajar dengan jalan nasional yang menuju kearah Maros.

Untuk grand design yang lebih besar, Munir mengakui bahkan memiliki rencana membangun tol diatas laut. Rancangannya persis seperti tol yang berada di Bali.

“Untuk grand desain yang lebih besar lagi, dari Takalar, model yang Bali tol di pantai tembus sampai disesi 4. Tapi kalau biaya APBN biasanya lebih besar, jadi kita tunggu skema tolnya seperti apa,” ungkapnya.

Rancangan pembanguan tersebut kata Miftachul Munir bertujuan untuk mengurai dan mengatasi macet di jalur keluar Makassar yakni Gowa dan Maros.

Komentar