oleh

Permudah Pelayanan, Disdukcapil Makassar Akan Hadirkan Alat ADM

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta untuk membeli satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi mengatakan mesin ADM akan digunakan pada bulan Juni 2020 mendatang. Pasalnya, dengan adanya mesin ADM, masyarakat makassar bisa mencetak KTP elektronik (e-KTP) sendiri, tanpa harus mengantri panjang di kantor dukcapil. Sehingga mempermudah masyarakat untuk mengurus e-KTP.

“Untuk pengadaan alat ADM, sudah kita anggarkan sebesar Rp200 juta satu unit dan insyaallah bulan Juni 2020 alatnya sudah datang,” ujar Aryati.

Selain itu, alat ADM bisa juga digunakan untuk mencetak dokumen kependudukan secara mandiri. Hanya saja dokumen kependudukan yang akan dicetak harus terdaftar terlebih dahulu.

“Jadi dokumen administrasi kependudukan yang akan dicetak dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, maka masyarakat bisa pulang jika tidak punya cukup banyak waktu untuk menunggu dan bisa menitip nomor telepon ataupun alamat email,” jelasnya, Minggu (16/2/2020).

Aryati juga mengatakan jika alat ADM bisa beroperasi secera maksimal dan memberikan dampak positif, ada kemungkinan pihaknya akan menambah alat. (*)

Komentar