oleh

6 Cara Mudah Mengatasi Wasir

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BACAPESAN.COM – Dalam istilah medis, wasir atau hemoroid adalah terjadinya pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. Pembuluh darah yang melebar tersebut dapat teregang hebat, menipis, teriritasi, bahkan berdarah.

Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah mengganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah.

Sampai saat ini, penyebab wasir belum diketahui secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa itu bisa terjadi karena pola makan rendah serat yang membuat tinja keras hingga konstipasi.

Cara Mengatasi Wasir yang Benar

Ya, belum ada penelitian dan bukti sahih soal bawang putih untuk mengatasi ambeien. Akan tetapi, dr. Fiona memberikan cara bagi Anda cara mudah untuk mengatasi wasir, yakni:

  1. Jangan menahan BAB. Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.
  2. Duduk dalam air hangat. Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.
  3. Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat.
  4. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.
  5. Konsumsi buah-buahan yang bersifat pencahar seperti pepaya, pir, dan alpukat.
  6. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat.

Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Jangan terlalu lama duduk. Usahakan dalam dalam 1 jam selalu ada waktu untuk berdiri atau berjalan selama 10 menit. Ini karena duduk yang lama membuat darah menumpuk di pembuluh darah vena anus dan rektum sehingga menimbulkan benjolan wasir tersebut dan memperberat keluhan ambeien.(RPA/AYU/klikdokter)

Komentar