oleh

Kado Hari Jadi Barru ke 60, Delapan Mega Proyek Diresmikan Menteri dan Gubernur

Editor : Lukman Maddu-Barru, Headline-

BARRU, BACAPESAN.COM – Kabupaten Barru kini sedang ‘berlari kencang’. Dikepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin AM, sejumlah pembangunan mega proyek yang muaranya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat terus digenjot.

Tak tanggung-tanggung, di puncak peringatan Hari Jadi Barru ke 60 tahun, Kamis (20/02/2020) besok, delapan mega proyek akan diresmikan langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

Delapan mega proyek yang total anggarannya sekira Rp21 miliar, yakni peningkatan jalan ruas Bulu Dua-Ampiri dengan anggarannya, Rp9,9 Miliar. Gedung Puskesmas Pancana senilai Rp2,5 Miliar. Gedung Poliklinik RSUD senilai Rp1,9 Miliar.

Kemudian, kolam renang Waepubbu senilai Rp641 juta. Jembatan gantug di Maruala senilai Rp514 juta. Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (IPALD-T) di Takkalasi senilai Rp2,5 Miliar. Gedung pusat informasi pariwisata di Bola Pitue senilai Rp529 juta. Dan ruangan Mal Pelayanan Publik (MPP) senilai Rp2,9 Miliar.

Selain itu, juga ada pemasangan tiang pancang pembangunan galangan kapal di Awarange, Kecamatan Soppeng Riaja. Galangan kapal ini nantinya bakal menyerap tenaga kerja lokal hingga ratusan orang.

Pelaksana harian (Plh) Sekda Barru, Abustan menyebutkan, untuk tujuh mega proyek selain Mal Pelayanan Publik akan ditandatangani resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Sedangkan MPP diresmikan oleh Menteri PAN-RB.

“Insyaallah, Gubernur Sulsel dan Menteri PAN-RB akan hadir langsung untuk melakukan peresmian,” kata Abustan kepada wartawan, Rabu (19/02/2020).

Sekadar diketahui, peringatan hari jadi Barru yang dipusatkan di alun-alun Colliq Pujie, akan diawali dengan penjemputan Menteri PAN- RB dan Gubernur Sulsel dan segenap tamu undangan dari luar Barru oleh semua pejabat di jajaran Kabupaten Barru, pimpinan Forkopimda.

Penjemputan dilakukan dengan persiapan sejak Pukul 08.00 Wita dengan titik lintas dari Rumah Jabatan Bupati ke lokasi acara Alun-alun Colliq Pujie. Setelah itu, dilanjutkan dengan Peresmian Proyek dan Mal Pelayanan Publik. Pasca ini, Gubernur dan Bupati Barru Suardi Saleh akan menuju ke Awerangnge melakukan Pemasangan Tiang Pancang Galangan Kapal.

Khusus di malam hari, bakal diisi dengan kegiatan hiburan untuk rakyat. Termasuk menghadirkan artis KDI dan beberapa kelompok seniman. (Humas Barru)

Komentar