oleh

Ketua PWI Takalar Minta Kapolres Yang Baru Bersinergi Wartawan

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ady-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar, Maggarisi Saiyye berharap Kapolres yang baru bisa bersinergitas dengan wartawan.

Sinergitas wartawan dengan polisi itu penting kata Maggarisi karena bisa saling menukar informasi.

“Selamat datang Pak Kapolres Takalar yang baru di Butta Panranuangku. Semoga kehadiran Bapak di Takalar bisa membawa angin segar bagi insan pewarta,” kata Maggarisi, Sabtu (22/2/2020).

Maggarisi juga meminta kepada Kapolres yang baru bila dikemudian hari ada masyarakat datang ke Polres melapor berkaitan tentang pemberitaan langkah tepatnya diarahkan ke Dewan Pers saja.

“Jadi saya minta kepada Bapak Kapolres yang baru agar sekiranya ada sengketa Pers di jajaran Polres Takalar atau di Polsek maka sebaiknya diserahkan ke Dewan Pers,” ucap Maggarisi.

Tetapi lanjut kata Maggarisi, yang dimaksud sengketa Pers itu hanya berkaitan tentang pemberitaan bukan kasus pidana lain.

“Apabila ada polisi yang mempidakan wartawan maka hal itu bertentangan dengan Undang- Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Dewan Pers dengan Kapolri,” urainya.

Sikap Dewan Pers adalah wartawan dan media tidak bisa dikriminalisasi karena produk jurnalistik. Yang merasa dirugikan silakan mengadu ke Dewan Pers dan polisi juga menghargai MoU Dewan Pers dan Kapolri bila ada pengaduan tentang karya jurnalistik.

“Wartawan apapun tidak boleh dikriminalkan karena beritanya, meski belum bersertifikat dan medianya belum terverifikasi,” tutup Maggarisi. (*)

Komentar