oleh

TWK Jadi Momok Menakutkan di Tes CPNS Pemkot Makassar

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Hari ke-tiga tes Seleksi Komperensi Dasar (SKD) Calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Tiga jenis soal dengan nilai passing grade yang berbeda-beda menjadi patokan peserta untuk dapat melampauinya.

Diantara tiga macam ujian dalam SKD, yakni tes karakteristik pribadi (TKP) dengan passing grade 126, tes intelegensia umun (TIU) passing grade 80, dan tes wawasan kebangsaan (TWK) passing grade 65.

Menurut salah satu peserta CPNS, Ratna (27) asal Gowa menyebut jenis soal TWK menjadi soal paling sulit di tahun ini. Alasannya peserta dituntut untuk menghafal pelajaran wawasan kebangsaan seperti pancasila, undang-undang Dasar, integritas, dan nasionalisme.

Hal itu, berbeda dengan dua jenis soal yang lain seperti TIU dan TKP. Dimana dua soal itu hanya membutuhkan penalaran.

“Susah memang TWK tahun ini. Buktinya banyak yang tidak lolos di TWK. Apalagi soalnya serba menghafal seperti UUD dan butir-butir pancasila,” ujar Ratna, usai melaksanakan tes SKD CPNS, di Gedung Olahraga Unhas, Senin (24/2/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Kadir Masri mengatakan hingga saat ini, peserta CPNS pemkot makassar nilai tertinggi sebesar 460. Hanya saja, Kadir tidak menyebutkan nama dan asal peserta tersebut.

Diketahui, tes SKD CPNS lingkup pemkot makassar dimulai sejak 22-26 Februari. Hingga saat ini, tes SKD sudah masuk hari ke-tiga. Yang dimana jumlah peserta setiap harinya jumlah peserta di jadwalkan 3500 orang, dan terdiri dari 5 sesi. setiap sesinya diisi oleh 700 peserta. (*)

 

Komentar