oleh

MallSampah dan Clean Up Hadirkan Fitur Mixed Waste

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAM.COM– Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), MallSampah dan Clean Up sebagai startup dibidang pengolahan sampah asal Sulawesi Selatan berkolaborasi menghadirkan fitur Mixed Waste.

Mixed Waste adalah layanan terintegrasi pengelolaan sampah berbasis teknologi yang hadir pada aplikasi MallSampah dan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi efektif dan tepat dalam mengurangi timbulan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Layanan fitur Mixed Waste pada aplikasi MallSampah memungkinkan bisnis dan penyelenggara event penghasil sampah, untuk mendapatkan dua layanan sekaligus secara terintegrasi, yaitu layanan pengelolaan material sampah daur ulang oleh MallSampah dan layanan pengangkutan sampah secara legal ke TPA oleh Clean Up yang dilakukan melalui satu fitur.

Adi Saifullah Putra, Chief Executive Officer MallSampah Indonesia mengatakan kehadiran fitur ini sebagai bentuk kesadaran anak muda Sulawesi Selatan untuk memerlukan solusi praktis dalam layanan terintegrasi pengelolaan sampah.

“Fitur Mixed Waste diperuntukkan baik usaha café, restoran, commercial area seperti mal ataupun kantor hingga untuk perumahan. Dengan layanan fitur Mixed Waste, kami membantu baik pelaku usaha maupun masyarakat pada umumnya dalam pengelolaan sampah mereka dengan lebih baik dan bertanggung-jawab. Pelanggan layanan fitur Mixed Waste akan mendapatkan laporan terperinci di dashboard yang memuat jadwal pembuangan, berat sampah yang dihasilkan, jumlah yang didaur ulang, riwayat transaksi serta akses laporan keberlanjutan sampah dari pelanggan,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Iqra Putra Sanur, General Manager Clean Up menambahkan bahwa keberagaman sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sebagian diantaranya masih memiliki nilai ekonomis.

“Sampah tersebut masih memiliki nilai ekonomis sehingga dapat digunakan oleh usaha daur ulang sampah. Dan tentunya ini akan mengurangi timbulan sampah di TPA.”katanya

Kolaborasi MallSampah dan Clean Up dapat terwujud karena difasilitasi program PLASTIC REBORN 2.0, yang diluncurkan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama Ancora Foundation yang menggandeng startup di bidang pengolahan sampah untuk membangun marketplace agar mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi sirkuler.

Sementara itu, Ahmad Zakky Habibie, Direktur Eksekutif Ancora Foundation berharap kolaborasi ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Harapannya kolaborasi ini dapat membuka cakrawala para pendiri usaha rintisan, untuk dapat selalu melihat potensi kolaborasi dan saling belajar, apalagi jika visinya mirip. Secara khusus, saya berharap adanya penambahan tingkat pengumpulan kemasan pasca-konsumsi, serta penambahan tingkat daur ulang materi yang dapat didaur ulang,” harapnya. (*)

Komentar