oleh

Bangun MRT, Pemprov Jejaki Kerjasama JICA

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jejaki kerjasama pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di kota Makassar bersama Japan International Cooperation Agency (JICA). Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyebut akan membangun sistem transportasi cerdas.

Proyek MRT dengan sistem transportasi cerdas tersebut akan dibiayai oleh Japan JICA yang diawali dengan feasibility study.

“Proyek ini sudah kita bicara dengan JICA, termasuk sistem pembiayaannya. Porsinya delapan puluh lima persen (85%) Pemerintah Pusat, lima belas persen (15%) Pemprof Sulsel. Proyeksi MRT ini bagian dari agenda pengembangan kota cerdas di Makassar,” ujar Nurdin, Jumat (28/2/2020)

Selain itu, survei pemetaan sistem transportasi cerdas tengah berjalan di Makassar dengan melibatkan Trakindo, mulai dari jalur, halte, termasuk sistem informasi cerdas yang memudahkan masyarakat.

Nurdin mengatakan, saat ini Pemerintah Jepang tengah melakukan survey untuk membangun kota pintar di 26 kota di 10 negara ASEAN. Di Indonesia ada lima kota, dan atas permintaan Nurdin, Makassar menjadi kota pertama.

“Saya minta kepada warga, khususnya di Makassar, mari mendukung program Pemerintah yang saat tengah bekerja menjadikan layanan publik yang smart. Harapan kita mari semua jaga lingkungan, hidup bersih, kurangi penggunaan plastik, Insya Allah pemerintah akan terus menghadirkan fasilitas publik yang bisa dinikmati bersama,” jelasnya. (*)

 

Komentar