oleh

Antisipasi Virus Corona, RSUD AM Parepare Siapkan Ruang Isolasi Hingga Dokter Spesialis

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, masuk dalam daftar 100 Rumah Sakit Rujukan menangani pasien yang terinfeksi Virus Corona di Indonesia. Hal itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI yang telah dilansir oleh Health liputan6.com.

Peenetapan 100 rumah sakit rujukan di Indonesia tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 100 Rumah sakit rujukan tersebut memiliki ruang isolasi berstandar internasional untuk mengantisipasi paparan virus Corona.

“Perlu saya sampaikan, sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan rumah sakit rujukan (untuk menangani pasien virus corona). Persiapannya ada 100 rumah sakit dengan ruang isolasi yang baik,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020), dilansir dalam Liputan6.com.

Terkait hal itu, Manajemen Rumah Sakit rujukan di Wilayah Ajatappareng bahkan di Sulsel itu telah menyiapkan berbagai macam persiapan. Diantaranya telah disipakan ruangan Khusus isolasi sebagai langakag antisipasi jika sewaktu-waktu ada pasien corona.

“Kami memang memiliki ruang khusus infeksi atau ruang Bougenville dengan lima tempat tidur. Tentu kami juga akan melakukan persiapan untuk menerima rujukan pasien corona virus, minimal alat untuk pelindung diri,” kata Direktur RSUD Andi Makkasau, dr. Renny Anggareny Sari, Selasa (3/3/2020)

Sementara itu, untuk tenaga kesehatan kata Renny, sudah disiapkan lima 5 tenaga dokter spesialis penyakit dalam, 12 dokter umum, dan tiga dokter Anastesi, dan dua dokter patologi klinik.

Lanjut Renny menjelaskan, sebelumnya melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah menimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Yang paling utama untuk menangkal masuknya virus ke tubuh manusia adalah, dengan cara melakukan dan meningkatkan gaya hidup sehat, seperti menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik,” imbaunya

Dari 100 daftar tersebut, RSUD Andi Makkasau menjadi salah satu rumah sakit rujukan yang ditetapkan di wilayah Sulsel selain RSUP Wahidin Sudirohusodo, RSU Lakipadada Tana Toraja, RS Islam Faisal, RS Akademis Jaury, dan RS Sinjai.

Seperti diketahui, saat ini sedang terjadi kasus pneumonia berat atau virus corona yang bermula dari kota Wuhan, Tiongkok, dan penyebabnya adalah coronavirus jenis baru yang dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCOV) yang kini telah menelan korban jiwa uang tidak sedikit, dan hingga saat ini kota yang yang berpenduduk sekira 11 juta orang itu diisolasi. Bahkan di Indonesia Sendiri sudah terdapat 2 pasien yang positif Virus Corona itu.
(***)

Komentar