oleh

Konsumsi 5 Herbal Ini Untuk Tangkal Virus Corona

Editor : Ashar Abdullah-Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Dua kasus positif COVID-19 di Indonesia membuat masyarakat khawatir. Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Dan gaya hidup sehat jauh lebih efektif menangkal virus. Maka perkuat daya tahan tubuh atau sistem imun akan lebih baik mencegah penularan virus.

Penting untuk mengonsumsi beberapa bahan makanan yang tinggi sifat anti-virusnya. Sehingga dapat membuat perisai di seluruh tubuh dalam melindungi dari segala rintangan seperti dilansir dari Times of India, Selasa (3/3).

Menurut Ahli Kesehatan di India, dr. Saras Salil yang berbasis di Delhi, dia mengingatkan pentingnya untuk mempraktikkan kebersihan dasar seperti mencuci tangan. Baik menggunakan sabun atau dengan antiseptik.

Dan saat bepergian menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer. Selain itu, ia menyarankan untuk menjaga tangan dan jauh dari mulut, mata, dan hidung.

“Makanan memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan dan itulah sebabnya disarankan untuk menghindari konsumsi makanan mentah termasuk daging mentah, telur mentah, sayuran mentah untuk menjaga kekebalan tubuh,” katanya.

Dan ada beberapa bahan herbal atau rempah yang bisa diperoleh di dapur untuk dikonsumsi agar daya tahan tubuh meningkat, di antaranya,

Tulsi atau Kemangi

Dikenal karena sifat anti-virus dan anti-inflamasinya, daun tulsi atau kemangi suci harus dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Penting untuk minum rebusan ini saat perut kosong. Campurkan rebusan 5 lembar daun tulsi bersama dengan 3-4 merica dan 1 sendok teh madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan anti-virus yang kuat yang dapat dikonsumsi mentah, dihaluskan atau dapat ditambahkan ke sup dan salad. Untuk membuat obat rumahan yang sederhana, campur bawang putih mentah dan dan cengkeh dengan satu sendok makan madu mentah. Maka bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni memiliki asam laurat dan asam kaprilat. Kandungan itu sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

Jahe

Bahan lain yang bisa membantu menjaga Anda tetap aman adalah jahe. Jahe memiliki sifat anti-virus, yang bila dicampur dengan Anistar dan madu dapat membantu mengendalikan efek samping. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari.

Paprika

Paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan pepaya kaya akan vitamin C dan memiliki sifat anti-oksidan dan meningkatkan kekebalan. Konsumsilah rutin setiap hari. (jpc/fajar)

Komentar