oleh

Pelebaran Jalan Bua-Rantepao Telan Anggaran Rp140 Miliar

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Metro, Pemerintahan, Tana Toraja-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp140 miliar untuk pelebaran jalan Bua-Rantepao. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan APBD Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulsel Rudy Djamaluddin menyebutkan bahwa, antara penerintah pusat, pemerintah provinisi dan pemerintah daerah telah bersinergi untuk menyelesaikan proyek pelebaran jalan menuju wisata kete kesu ini.

“Sinerginya sudah sangat baik. Kalau masyarakat juga ikut mendukung, saya kira pekerjaan ini akan berjalan lancar dan akan bermanfaat untuk masyarakat. Khususnya untuk memajukan pariwisata Toraja Utara ini,” ucap Rudy Djamaluddin.

Rencananya, jalanan yang mulanya berukuran 3,5 meter akan dilebarkan menjadi 7 meter, dengan lebar bahu jalan masing-masing 2 meter. Jalan ini merupakan bagian dari rencana pembangunan jalan Rantepao – Bua mencapai 41 kilometer dengan lebar 14 meter dan 4 lajur.

Pelebaran jalan akan dilakukan disisi kiri badan jalan. Perluasan jalanan ini dilakukan sesuai standar provinsi dan ditargetkan selesai pada akhir 2020 mendatang.

“Ini rencananya kita akan terus sampai batas Rantepao-Bua. Nanti kita sambung lagi 12 Km sampai dengan Bastem, itu untuk tahap 2020,” ucapnya.

Terkait pembebasan lahan tidak lagi jadi masalah. Pasalnya hal tersebut sudah diclearkan oleh pemerintah setempat. Sehingga untuk pelebaran jalanan ini bisa dilakukan dengan leluasa tanpa ada lagi konflik dengan masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) mengatakan bahwa, Toraja merupakan aset dunia. Dimana daerah ini menjadi daya tarik Sulsel untuk mendatangkan wisatawan. Olehnya itu, berbagai program strategis akan diselesaikan di daerah ini untuk menarik wisatawan.

“Saya menaruh harapan bahwa Toraja ini akan menjadi wisata terbaik. Jadi saya yakin Toraja ini akan berjalan dengan baik setelah pembangunan infrastruktur diselesaikan,” jelas Nurdin beberapa waktu lalu.

Diketahui, Nurdin Adbdullah telah meresmikan empat ruas jalan provinsi yang ada di Toraja pada Agustus 2019 lalu.

Dengan begitu, adanya dukungan infrastruktur akan meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Toraja. memudahkan wisatawan untuk mengakses jalan masuk ke daerah tersebut.

Komentar