oleh

Buka Pendaftaran, 6 PTNP Dibawah Kemenparekraf Target 3160 Camaba

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Hikmah-Edukasi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Enam Politeknik Pariwisata (Poltekpar) dibawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar lonching website pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM-PTNP).

Enam PTNP dibawah naungan Kementerian Pariwisata yakni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Bali, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Makassar. Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Medan, Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Palembang dan Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Lombok.

Tampil sebagai tuan rumah pada kegiatan ini yakni Kampus Politeknik Pariwisata Negeri Makassar dan digelar di Balairung I Wayan Bendhi.

Lonching ini pimpin langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Anggara Hayun Anujuprana, ST.,MT.

Direktur Poltekpar Makassar sekaligus Ketua Panitia SBM-PTNP, Drs. Muhammad Arifin M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM-PTNP) yang digelar tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan nama Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik Pariwisata (SBM-STAPP).

Selain seleksi tersebut, Arifin mengatakan bahwa kampus dibawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyelenggarakan seleksi mandiri yang disebut Seleksi Masuk Mandiri.

“Tahun ini kami dari 6 PTN dibawa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka pendaftaran untuk 3160 mahasiswa baru dan akan diterima melalui jalur mandiri sebanyak 1580 begitu pun 1580 orang untuk jalur seleksi bersama. Jadi Lebih cepat mendaftar lebih baik,” katanya, Selasa (10/03/2020).

Lebih jauh Arifin membeberkan bahwa khusus di Makassar tahun ini membuka pendaftaran untuk 650 mahasiswa baru melalui dua jalur untuk empat jurusan.

“Keinginan masyarakat untuk bergabung di Poltekpar Makassar dari tahun ketahun terakhir mengalami peningkatan. Khusus tahun ini telah ada pendaftar sebanyak 1000 calon mahasiswa namun yang akan kami Terima sebanyak 650 orang,” bebernya.

Untuk proses pendaftaran SBM-PTNP dibuka mulai tanggal 10 Maret 2020 hingga tanggal 20 Mei 2020 melalui website http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id/ Seluruh informasi dan prosedur pendaftaran seleksi masuk dapat dilihat melalui website pendaftaran tersebut.

“Proses pelaksanaan seleksi melalui jalur SBM-PTNP akan melalui beberapa tahapan yakni: Pendaftaran Online, Tes Seleksi Tahap 1 yaitu Psikotes dan Bahasa lnggris, Pengunguman Seleksi Tahap 1, Tes Seleksi Tahap 2 yaitu Pemeriksaan Kesehatan dan Wawancara serta yang terakhir adalah Pengumuman Tahap 2,” tutup Arifin. (*)

Komentar