oleh

Cegah Virus Corona, Kantor Kesehatan Pelabuhan Utama Makassar Siagakan Alat Kesehatan

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Melihat kondisi mewabahnya Virus Corona (Covid-19), Kantor Kesehatan Pelabuhan Utama Makassar, rutin melakukan pemeriksaan kapal-kapal yang sandar di pelabuhan Makassar.

Pasalnya, jika ada kapal dari luar negeri pihak kantor kesehatan pelabuhan menetapkan sebagai status karantina. Hal tersebut demi mencegah munculnya Covid-19 di Kota Makassar.

Kepala bidang upaya kesehatan dan lintas wilayah kantor pelabuhan (KKP) Utama Makassar, Muhammad Haskar mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sekitar 20-an tenaga medis, yakni 3 orang Dokter, perawat, survilance, dari erdi fonologi, serta sanitarian.

“Jadi, kami dari kantor kesehatan pelabuhan utama makassar, melihat kondiisi tentang mewabahnya covid-19 sebenarnya kegiatan yang kami lakukan ini, sebenarnya salah satu kegiatan rutin. Dimana setiap kapal asing dari luar negeri kita tetapkan sebagai status karantina,” ujar Muhuhammad Haskar, Selasa (10/3/2020).

Pihak kesehatan pelabuhan utama Makassar, telah menyiapkan sejumlah alat kesehatan seperti denmark scannner (untuk memindai suhu tubuh penumpang yang lewat), infrared denmark scanners (yang digunakan manual/ bisa dibawah kemana-mana), stetoskop, ambulance, tandu, dan isolasi camber (gunakan bila ada kasus infeksi maka digunakan alat itu, supaya pasien dimasukkan ke isolasi camber). Tujuannya untuk memperkecil penyebaran penyakit.

“Jadi penumpang yang kita ambil itu kita angkut dan letakkan di isolasi camber dan kemudian dibawah ke rumah sakit,” jelasnya.

Muhammad Haskar mengimbau kepada seluruh stakeholder di pelabuhan utama makassar, supaya meningkatkan kewaspadaannya terkait virus mematikan tersebut. (*)

Komentar