oleh

KKP Parepare Perketat Pengawasan Penumpang Hingga Kapal

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pengawasan penumpang kapal laut dari luar maupun dalam negeri melalui Pelabuhan Nusantara Kota Parepare diperketat. Hal ini menyusul adanya virus Corona yang bermula dari Kota Wuhan, China, yang kini juga mulai menyebar masuk ke Indonesia.

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, Nurhayati mengatakan, salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan adalah menyiapkan posko, yang dilengkapi dengan petugas, serta alat kesehatan berupa thermal scanner untuk memantau suhu tubuh penumpang yang akan berangkat maupun tiba di pelabuhan itu.

“Kami buka posko sejak januari 2020, ribuan penumpang baik dari Nunukan, Samarinda, maupun Balikpapan sudah kami lakukan pemeriksaan, dan alhamdulillah hasilnya negatif,” jelasnya.

Nurhayati menjelaskan, untuk petugas yang bertugas, terdiri dari dokter, perawat dan juga disiapkan ambulance jika sewaktu-waktu ada pasien yang harus dilakukan tindakan lebih lanjut.

“Jika menemukan penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, makan akan dilakukan tindakan lebih lanjut,” kata Nurhayati usai melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang akan berangkat ke Samarinda, Rabu (11/3/2020).

Nurhayati menambahkan, perketat pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap penumpang, tetapi pada kapal juga yang bersandar di Pelabuhan itu.

“Kapal yang datang dari dalam maupun luar negeri, juga dilakukan pengawasan dengan berkoordinasi dengan Nakhoda Kapal dan juga pihak pelabuhan,” tambahnya
(***)

Komentar