oleh

Sukseskan Pilkada 2020, Disdukcapil Minta Sekolah Pro Aktif

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar mengimbau kepada seluruh sekolah setingkat SMA sederajat turut aktif mengsukseskan Pilkada Serentak 2020.

Caranya dengan melakukan pendataan terhadap pelajarnya yang masuk kategori pemilih pemula. Selanjutnya, dari pihak Dukcapil akan turun langsung melakukan perekaman e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi mengungkapkan, sekolah harus pro aktif mendata para pelajarnya yang berusia 17 tahun atau akan berusia 17 tahun saat pilkada pada September mendatang.

Meayoritas pemilih pemula merupakan peserta didik di SMA atau sederajat. Pelajar yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula, wajib menyiapkan kelengkapan dokumen untuk perekaman e-KTP, seperti fotocopy kartu keluarga, akta kelahiran, dan ijazah SMP.

Selain itu, pihak sekolah juga diminta untuk berkoordinasi dengan disdukcapil setempat terkait mekanisme dan pengaturan perekaman e-KTP.

Aryati menyebut, sudah ada lima sekolah yang diberikan pelayanan, yakni SMA Negeri 4 Makassar, SMA Negeri 9 Makassar, SMK Negeri 8 Makassar, SMA Negeri 7 Makassar, dan SMK Negeri 10 Makassar.

“Ini merupakan bentuk dukungan kita untuk pilkada serentak 2020. Sudah ada lima sekolah yang kami lakukan pendataan dan melakukan rekaman. Jadi kami juga sudah koordinasikan ke sekolah-sekolah yang sudah siap didatangi oleh dukcapil, untuk cepat koordinasi ke kami. Siapa yang cepat dia yang duluan kami layani,” ujar Aryati, Rabu (11/3/2020).

Aryati berharap, agar pihak sekolah bisa berperan aktif sehingga perekaman e-KTP bagi pemilih pemula bisa lebih optimal khususnya dalam rangka menyukseskan pilkada 2020 mendatang. (*)

 

Komentar