oleh

Tak Mampu Tumbangkan Leipzig, Tottenham Hotspur Kandas

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Olahraga, Sepakbola-

LEIPZIG, BACAPESAN.COM – Juru taktik Tottenham Hotspur Jose Mourinho kehabisan kambing hitam setelah timnya kandas di 16 Besar Liga Champions.

Tottenham tampil di bawah standar dan kalah 0-3 melawan RB Leipzig dalam leg kedua 16 Besar Liga Champions Red Bull Arena Leipzig, Rabu (11/3) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Leipzig membukukan kemenangan agregat 4-0 atas Tottenham, setelah tiga pekan lalu mereka mempecundangi lawannya tersebut 1-0 di London.

Lini pertahanan Tottenham tampil mengecewakan hampir sepanjang laga dan dua antisipasi tak optimal kiper sekaligus kapten Hugo Lloris harus dibayar mahal.

Pada menit ke-10, Marcel Sabitzer melepaskan tembakan mendatar dan cukup keras tetapi Lloris memutuskan untuk melakukan tepisan ketimbang menangkan bola sepenuhnya. Tepisan Lloris tak cukup kuat dan bola masih bergulir ke pojok kiri bawah gawang, membuat Leipzig unggul.

Pada menit ke-19, gawang Lloris kebobolan lagi oleh sontekan jarak dekat Timo Werner, tetapi penyerang yang tengah santer digosipkan bakal bergabung dengan Liverpool itu terlanjur terjebak offside saat Angelino melepaskan umpan silang.

Namun, Lloris kembali melakukan antisipasi buruk saat Sabitzer menyambut umpan silang Angelino dengan tandukan pada menit ke-21. Bola ditepis Lloris, tetapi kemudian membentur tiang dan memantul ke dalam gawang Tottenham.

Lloris tampil sedikit membaik dan beberapa kali menebus keburukan koordinasi pertahanan Tottenham, tetapi rekan-rekannya di lini depan juga tak bekerja lebih baik kecuali Giovani Lo Celso yang hampir mencetak gol balasan pada menit ke-42 jika tidak karena penyelamatan gemilang kiper Peter Gulacsi.

Keunggulan dua gol Leipzig bertahan cukup lama di tengah minimnya ancaman yang datang dari Tottenham pada babak kedua sebelum kemudian Emil Forsberg melengkapi kemenangan tuan rumah menjadi 3-0 lewat golnya pada menit ke-87.

Forsberg yang baru masuk ke dalam lapangan menggantikan Sabitzer mencetak gol dengan sentuhan pertamanya, melepaskan tembakan yang mampu melewati hadangan Harry Winks, Ryan Sessegnon dan tentunya Lloris.

Satu-satunya keberhasilan Lloris adalah mencegah Werner mengemas gol kandang Liga Champions perdananya dengan menghalau peluang pada menit keenam injury time, tetapi Tottenham yang merupakan finalis musim lalu, tetap tersingkir sedangkan Leipzig melangkah ke perempat final.

Dalam beberapa kesempatan, Mourinho kerap menjadikan gelandang rekrutan termahal Tottenham musim ini Tanguy Ndombele sebagai sasaran kritik tiap kali timnya kalah.

Kini, Mourinho memilih reaksi realistis dengan menjadikan cedera yang bertubi-tubi mendera para pemainnya sebagai alasan kekalahan di Leipzig.

Komentar