oleh

Barru Optimis Naik Tingkat di Kabupaten Sehat 2021

Editor : Lukman Maddu-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menargetkan untuk melanjutkan prestasi yang didapatkan sebagai salah satu kabupaten/kota sehat di Indonesia 2019-2020.

Di rapat Forum Kabupaten/Kota Sehat tingkat kabupaten yang digelar di Baruga Singkerru Ada’e, Kamis (12/03/2020), Ketua TP PKK Barru, Hasnah Syam meminta semua stakholder terkait untuk melanjutkan capaian di 2021 mendatang.

“Penilaian sebenarnya itu nanti 2021. Tapi kenapa rapat koordinasi saat ini, itu untuk mempercepat persiapan lebih awal. Apalagi kemarin (2019-2020), kita sudah mendapatkan Swasti Saba Wistara,” kata Hasnah yang tak lain eks Kepala Dinas Kesehatan Barru.

Swasti Saba Wistara adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada masyarakat melalui Bupati/Walikota atas keberhasilan dalam menyelengarakan kabupaten/kota sehat.

Untuk mendapatkan Wistara yang keduakalinya, salah satu persyaratannya, yakni daerah tersebut harus kompeten dan menjalankan syarat yang menjadi penilaian. Seperti, tidak ada lagi masyarakat yang buang air beser di sembarang tempat.

Sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hasnah Syam menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan, terutama terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju Kabupaten ODF 100%.

“Salah satu fokus utama semua desa adalah,
stop BABS. Sekali lagi, ini adalah salah satu syarat untuk menuju wistara kedua,” imbau Hasnah yang tak lain anggota DPR yang membidangi kesehatan.

Di rapat koordinasi kali ini, dihadiri Kadis Kesehatan dr Amis, Pembina KKS, Icwaniar Idris, Sekertaris Forum KKS Darwis, serta Forkom Kecamatan dan Pokja Desa/ Kelurahan.

Sekadar diketahui, tujuan kabupaten sehat adalah tercapainya kondisi kabupaten untuk hidup dengan bersih, aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik, sosial dan budaya secara optimal. (Humas Barru)

Komentar