oleh

Negatif Suspect Covid-19, Pemkot Tidak Melarang Kapal Asing Masuk Ke Pelabuhan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Kedatangan kapal asing ke kota makassar, sudah menjadi hal biasa. Namun dengan mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, mengharuskan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Apalagi, diketahui saat ini Covid-19 yang mematikan ini mulai mewabah. Pasalnya sudah ada 34 warga negara indonesia (WNI) yang dinyatakan Suspect Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Pejabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyebut kebijakan pemerintah pusat tidak melarang warga negara asing untuk datang ke Indonesia.

Iqbal mengatakan mengenai Virus Corona (Covid-19) sudah ada protokol, Standar Operasional Prosedur (SOP) atau aturan yang menangani hal tersebut. Menurutnya, selama perotokol penanganannya dijalankan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan aman, berarti tidak ada masalah untuk orang luar datang ke Indonesia.

“Kebijakan pemerintah pusat tidak ada yang melarang dan pemerintah pusat itu mengeluarkan peraturan mengenai virus corona sudah ada protokol aturan yang menangani, dan sudah ada SOP termasuk yang baru saja kemarin di Benua sudah diterima dan selama protokol Penanganannya dijalankan oleh KKP dan kalau sehat ya udah tidak ada persoalan,” ujar Iqbal, Kamis (12/3/2020).

Iqbal menambahkan, selama kapal asing yang masuk ke pelabuhan makassar memenuhi persyaratan, dan tidak ada yang suspect Covid-19, berarti tidak ada alasan untuk menolak.

“Keputusan ini kita adalah selama itu memenuhi syarat tidak ada alasan untuk menolak karena ada referensi di benua mereka terima kami sudah cek ke pusat bahwa tidak ada alasan untuk menolak sesuatu yang memang tidak ada suspect,” terangnya. (*)

 

Komentar