oleh

Tutup MTQ Ke-43, Wabup Gowa Harap Lahirkan Qari dan Qariah Terbaik

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni berharap Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-43 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Gowa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dapat melahirkan qari dan qariah terbaik.

“Tentunya kita semua berharap kiranya menghasilkan qari dan qariah yang akan mewakili Kabupaten Gowa pada MTQ tingkat provinsi yang akan datang di Kabupaten Pangkep,” katanya saat menutup MTQ tingkat Kabupaten Gowa di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Kamis (12/3) malam.

Olehnya itu, Wabup Gowa meminta qari dan qariah yang menjadi juara dan terpilih mewakili Kabupaten Gowa pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan untuk terus belajar dan mempersiapkan diri agar dapat membawa nama baik Kabupaten Gowa.

“Begitupun kepada para pelatih dan pembina, kiranya lebih intens melatih dan membina peserta sehigga bisa meraih prestasi yang membanggakan pada MTQ yang akan datang,” ujarnya.

Namun yang terpenting kata Kr Kio sapaan akrab Wakil Bupati Gowa, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Gowa ini diharapkan dapat menjadi barometer kompetensi sumber daya manusia khususnya di bidang keagamaan dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menghayati, mendalami dan mengamalkan isi dalam kandungan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Gowa sehingga menjadi masyarakat yang diridhoi oleh Allah SWT.

“Kami berharap gema MTQ ini dapat dapat membantu mental dan spiritual masyarakat Gowa agar menjadi masyarakat yang berkarakter, memiliki akhlakul karimah, dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran Al-Qur’an sebagai wahyu Allah SWT,” jelasnya.

Pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten tambah Wabup Gowa juga memiliki makna tersendiri. Menurutnya, kegiatan ini, selain sebagai ajang kreasi dan lomba juga sebagai salah satu ajang yang dapat mempersatukan masyarakat Kabupaten Gowa sehigga ukhuwah islamiah dapat terjalin dengan akrab dan harmonis.

“Pada momentum ini saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Gowa untuk bersama-sama pemerintah membangun kehidupan ummat dengan upaya membimbing dan memandu serta memberi pencerahan dalam pelaksanaan ajaran agama secara benar dan baik sehingga dapat mewarnai aspek kehidupan masyarakat agar tercipta suasana damai dan kondusif,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan penyerahan piala bergilir kepada juara umum. Perolehan juara pada MTQ Ke-43 tingkat Kabupaten Gowa, juara umum 1 kembali dipegang oleh Kecamatan Somba Opu, kemudian juara umum 2 diraih oleh Kecamatan Bontolempangang dan juara umum 3 berhasil diraih oleh Kecamatan Bungaya.

Dilakukan pula penarikan undian 1(satu) umroh yang diberikan kepada peserta lomba 10 juz kategori putri bernama Wildanah Muslimah yang merupakan qoriah asal Kecamatan Bajeng Barat. (*)

Komentar