oleh

RS Regional HAH Dilengkapi Ambulans Laut

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Satu lagi fasilitas unggulan yang dimiliki Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie. Sebagai kado di Hari Ulang Tahun Kota (HUT) ke-60, Gubernur Sulsel juga menyerahkan armada kapal ambulans laut yang dapat difungsikan untuk menjemput pasien di wilayah kepulauan.

Selain ambulans laut satu unit, Pemprov Sulsel juga memberikan satu unit mobil ambulans dan satu unit armada pemadam kebakaran (Damkar) yang memiliki alat portable.

Pemberian bantuan ini menjadi kado HUT ke-60 Parepare dari Pemprov Sulsel yang puncaknya akan dirayakan pada Sabtu, 14 Maret 2020 di RS Regional dr Hasri Ainun Habibie 

Dipilihnya lokasi RS dr Hasri Ainun Habibie sekaligus untuk peresmian rumah sakit regional pertama di luar Makassar itu.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, ambulans laut ini untuk menunjang pelayanan RS dr Hasri Ainun Habibie.

Ambulans laut ini akan difungsikan untuk menjemput pasien dari daerah tetangga Parepare seperti Pinrang, Barru maupun wilayah kepulauan di Pangkep.

Taufan Pawe mengemukakan, RS dr Hasri Ainun Habibie yang berfungsi regional melayani pasien dari Utara dan Timur Sulsel bahkan hingga Sulbar.

“Kami ingin sirene ambulans dari Utara berhenti di Tonrangeng, bahkan mimpi Gubernur nantinya pasien dari Makassar juga dirujuk ke Kota Parepare,” ungkap Taufan.

Selain fasilitas tersebut, keunggulan Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie, yakni dapat melihat hamparan laut lepas, teluk Parepare dan Ujung Lero. Sementara di sisi Utara dan Timur, daerah pesisir kota Parepare, Salokararajae, Tonrangeng River Side, dan pegunungan yang membentang. Viewnya dapat memanjakan mata pengunjung dan pasien.

Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie dengan 7 lantai,  dilengkapi dengan sarana dan fasilitas kesehatan yang moderen, seperti tersedianya 2 buah lift dan tangga eskalator yang menghubungkan lantai 1, 2 dan 3.

Rumah sakit berkonsep ‘medical tourism’ ini juga menyiapkan 200 tempat tidur yang terdiri 60 tempat tidur untuk kelas III, 24 tempat tidur kelas II, 22 tempat tidur kelas I, 20 tempat tidur VIP, 6 tempat tidur VVIP,  dan 2 tempat tidur untuk suit room layaknya apartemen mewah. 

Rumah sakit ini pula, memiliki lahan parkir yang dapat menampung sekira 400 unit mobil, serta dilengkapi ruang instalasi gawat darurat, kamar bersalin terintegrasi, ruang Nicu, Hemodialisa, ICU, ICCU, ruang ‘One Day Care’, 4 kamar operasi , 2 kamar emergency, dan 14 poliklinik.
(***)

Komentar