oleh

Taufan Pawe Tercatat Sebagai Walikota Parepare Berprestasi Torehkan Ratusan Penghargaan

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Taufan Pawe , tercatat sebagai walikota paling berprestasi sepanjang sejarah dalam memimpin Kota Parepare.

Walikota dua periode ini, telah menorehkan 164 penghargaan selama 6 tahun, 4 bulan, memimpin Parepare, atau belum genap dua periode pemerintahannya.

Taufan Pawe, putra Parepare pertama yang menjadi walikota ke17 ini, bahkan adalah salah satu kepala daerah dengan penghargaan terbanyak di Indonesia.

Penghargaan itu mulai tingkat regional hingga nasional. Penghargaan itu juga berbanding lurus dengan kemajuan pembangunan dalam 6 tahun pemerintahan walikota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Bahkan seorang BJ Habibie, Presiden ke-3 RI pernah menyebut Taufan Pawe dengan sebutan “Taufan Dahsyat”.

Habibie yang juga putra daerah Parepare itu menyebut demikian, karena dari sekian banyak walikota, Taufan Pawe yang pertama menjadikan Habibie sebagai inspirasi dalam pembangunan.

Ikonik Habibie pun jadi monumental di Parepare. Mulai dari Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun Habibie, Auditorium BJ Habibie hingga RS Regional dr Hasri Ainun Habibie (HAH).

Dan segera menyusul Museum BJ Habibie, satu-satunya di dunia, yang akan dibangun di atas lahan bekas rumah kelahiran Habibie, Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Kawasan Pantai Senggol, Parepare.

“Kami menginspirasikan Bapak BJ Habibie dalam setiap pembangunan Parepare. Tokoh dunia yang membuat Parepare mendunia,” ungkap Taufan Pawe dalam beberapa kesempatan.

Penghargaan yang diraih Taufan Pawe hampir dalam semua bidang. Mulai pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Taufan Pawe pernah meraih penghargaan sebagai walikota Interpreneur di ajang Wali Kota Enterpreneur Award 2019 pada kategori bidang kesehatan.

Salah satu terobosan Taufan Pawe dalam bidang kesehatan, yang paling besar manfaatnya bagi masyarakat Parepare hingga saat ini adalah Program Call Centre 112. Angka 112 dipilih karena punya histori romantis yakni tanggal kelahiran istri Taufan Pawe, Erna Rasyid Taufan.

Call Centre 112 ini sudah diakui pemerintah pusat, dan berbuah penghargaan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik bidang kesehatan yang terintegrasi.

Dan banyak lagi prestasi dan penghargaan yang sudah diakui pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Kini satu lagi karya Taufan Pawe yang sekaligus mendapat pengakuan Pemprov Sulsel, karena menjadi yang pertama wujudkan program unggulan Gubernur Sulsel, menghadirkan rumah sakit regional pertama di luar Makassar, yakni RS dr Hasri Ainun Habibie (HAH).

Ikon baru Parepare dan Sulsel ini akan menjadi kado HUT ke-60 Parepare dari Gubernur Sulsel.

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah, yang merupakan putra Parepare, akan meresmikan langsung rumah sakit dengan view paling indah di Indonesia (menurut Gubernur) pada puncak peringatan HUT Parepare, Sabtu, 14 Maret 2020.

Rumah sakit dengan konsep medical tourism itu, menurut Gubernur, dengan melihat pemandangan di sekitarnya saja “Orang sakit sudah bisa sembuh”. Katanya
(***)

Komentar