oleh

Minimalisir Genangan, Dinas PU Akan Bangun 3 Pintu Air

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Upaya pencegahan dan penanganan genangan di Kota Makassar terus dilakukan. Kali ini, untuk meminimalisir genangan saat hujan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang Drainase akan membuat pintu air, yang di prediksi bakal meminimalisir banjir hingga 30 persen.

Kepala Bidang Drainase Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase, Fuad Azis mengatakan, saat ini pihaknya telah merehabilitasi 3 pintu air.

Menurutnya, sangat besar peranan pintu air mengatasi genangan dan banjir di Kota Makassar.

“Sangat besar perannya presentasinya kira-kira 28 sampai 30 persen bisa mengurangi genangan. Buktinya dari beberapa hujan yang terjadi dari bulan Januari sampai saat ini memang ada genangan. Tapi begitu surut kemudian kita melakukan pompa di pintu air maka kinerja dari saluran drainase itu bisa berjalan dengan baik,” ujar Fuad, Senin (16/3/2020).

Fuad menambahkan, saat ini banyak bocoran-bocoran di kanal maupun sungai yang ada di Kota Makassar, sehingga mengakibatkan air laut pasang mengakibatkan kanal maupun sungai ikut juga naik airnya.

Fuad mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rehabilitasi di tiga pintu air, yakni Rappokalling, Tallo, dan Sungai Saddang. Pasalnya, Dinas PU mengalokasikan anggaran sebesar Rp507 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2020. (*)

 

Komentar