oleh

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2020 Diundur

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Penundaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 berdampak besar pada rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) 2020.

Sejatinya pemerintah menargetkan rekrutmen ASN baik PNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dilakukan sekira medio 2020. Namun, akibat wabah Covid-19, jadwal tersebut berubah total.

“Karena SKB CPNS 2019 tertunda, otomatis semua jadwal pengadaan ASN 2020 tertunda juga. Mau bagaimana lagi, situasi negara seperti sekarang. Semua kegiatan tatap muka dibatalkan dan diganti online. Kalau SKB kan tidak mungkin dilakukan dari rumah,” kata Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara BKN Paryono kepada JPNN.com, Kamis (19/3).

Paryono juga belum bisa memastikan kapan rekrutmen CPNS dan PPPK 2020 dilaksanakan. Sebab, semua jadwal berubah total.

“Saya belum bisa pastikan kapan ya, masih harus dibahas di internal pemerintah. Kita doakan saja semoga wabah Covid-19 segera ditemukan obatnya agar musibah ini segera berakhir,” tandasnya.

Diketahui, pemerintah resmi menetapkan penundaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019.

Agenda SKB yang rencananya akan berlangsung mulai 25 Maret 2020 ditunda sampai dengan kebijakan lebih lanjut oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Keputusan penundaan ini dilatarbelakangi oleh situasi wabah virus Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai Bencana Nasional.

“Untuk pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada 22 – 23 Maret 2020 melalui portal resmi penerimaan CPNS 2019 masing-masing instansi,” kata Paryono. (esy/jpnn)

Komentar