oleh

Ini Efek Samping Jika Berlebihan Makan Manggis

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Buah manggis adalah jenis buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Buah ini memang sangat suka hidup di iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Buah manggis sangat dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit dan eksim. Kandungan anti inflamasi dan antioksidan-nya ini membuat buah ini banyak diburu ketika musimnya tiba.

Namun tahukah Anda bahwa buah manggis ternyata memiliki efek samping loh jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (19/3).

1. Menyebabkan Masalah Gastrointestinal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami gejala gastrointestinal setelah mengonsumsi manggis selama lebih dari 26 minggu. Beberapa gejala-gejala ini termasuk kembung, diare, refluks lambung, dan sembelit.

2. Menyebabkan Sedasi

Turunan manggis menyebabkan depresi dan sedasi pada tikus. Efeknya juga mengakibatkan penurunan aktivitas motorik. Namun, studi lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membangun efek ini.

3. Menyebabkan Alergi

Ada bukti terbatas jika manggis bisa menyebabkan alergi. Tetapi bukti anekdotal menunjukkan bahwa mengonsumsi manggis secara berlebihan bisa menyebabkan reaksi pada orang yang sensitif terhadap buah ini. Jika Anda mengalami reaksi setelah mengonsumsi manggis, hentikan asupan dan kunjungi dokter Anda.

4. Menyebabkan Komplikasi Selama Kehamilan

Keamanan manggis selama kehamilan atau menyusui belum ditetapkan. Karenanya, tetap aman dan hindari konsumsi manggis saat Anda tengah hamil. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai hal yang sama.

5. Memperlambat pembekuan darah

Manggis telah terbukti memperlambat pembekuan darah. Ini bisa meningkatkan risiko perdarahan pada individu yang rentan. Ini terutama benar ketika buah tersebut dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu yang meningkatkan risiko. Mengonsumsi manggis juga bisa meningkatkan risiko perdarahan selama atau setelah operasi. Hindari mengonsumsi manggis setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.(fny/jpnn)

Komentar