oleh

Walikota Parepare Bagikan Kiat Cegah Corona Lewat Saluran Radio

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memanfaatkan momen berdialog dengan masyarakat lewat saluran Radio Mesra di Parepare, untuk berbagi informasi tentang virus Corona (Covid-19), Sabtu, 21 Maret 2020.

Dalam dialog interaktif berdurasi 50 menit itu, Taufan Pawe memaparkan tentang kebijakan Pemkot Parepare dalam upaya menangkal dan mencegah penularan virus Corona khususnya dalam wilayah Parepare.

Tidak hanya itu, Taufan juga berbagi kiat dan tips dalam memerangi virus yang menjadi bencana nasional non alam itu. Salah satunya yang paling sederhana menurut Taufan, adalah menjemur diri di bawah sinar matahari pagi mulai pukul 08.00 hingga 11.00.

“Paling sederhana jemur diri di bawah sinar matahari antara pukul 08.00 hingga 11.00. Karena virus ini tidak bisa hidup di suhu panas. Ini hasil penelitian ilmiah lho dan sudah teruji,” ungkap Taufan yang bergelar doktor ilmu hukum ini.

Karena itu, Taufan menyarankan masyarakat yang tinggal di rumah biasakan berjemur di bawah matahari pada pagi hari di depan rumah, bisa sambil bermain bersama anaknya dan membersihkan halaman.
Salah satu pakar, Dr. Mardi Susanto, SpKJ membenarkan hal itu. Dia mengatakan, betul bahwa virus Corona tidak tahan sinar matahari.

“Hampir semua virus dan bakteri tidak kuat sinar UV dari matahari dan suhu di atas 50 derajat celsius. Jadi, tak ada salahnya untuk lebih sering berjemur di bawah sinar matahari pagi,” kata Mardi Susanto.
(***)

Komentar