oleh

Dua Pasien PDP di Makassar Meninggal Dunia

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Makassar meninggal dunia. Hal tersebut, diakui Pejabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Selasa (24/3/2020).

Iqbal mengatakan kedua pasien PDP yang meninggal di rumah sakit, diantaranya satu meninggal di RS Siloam dan satunya lagi di RS Grestelina. Pasalnya, kedua pasien tersebut sudah dicek dan hasilnya sudah dikirim ke pusat.

“Sebelumnya sudah dicek dan sudah dikirim. Cuma hasilnya kami belum terima. Belum ada hasilnya tapi keburu meninggal. Dan memang sudah dirawat di RS. Dan hasil sementara foto Torak dan memang ronsenya itu mengarah kesitu Volumenya,” ujar Iqbal.

Iqbal menjelaskan, pasien PDP yang meninggal, pernah melakukan perjalanan keluar Negeri untuk melakukan ibadah umrah, dan yang satunya lagi pernah melakukan perjalan ke Bogor dan Raha untuk pertemuan pendeta.

“Yang pasotif covid-19 meninggal adalah dari luar negeri dari umrah. Kemudian yang PDP yang pertama meninggal itu dari perjalanan dari bogor dan raha, itu ada pertemuan pendeta. Dan yang kedua yang meninggal ini PDP juga dan dari perjalanan umrah juga,” ungkapnya.

Iqbal mengatkan pihaknya akan melakukan pendataan kepada semua jamaah umrah yang baru saja kembali ke makassar. Selain itu, ia akan mengirim petugas medis untuk mengecek pasien tersebut, supaya mereka tidak melakukan kontak dengan dokter tanpa mengkoordinasikan statusnya.

“Itulah yang segera kami meng search semua jamaah-jamaah umrah yang baru-baru pulang, itu kami akan memeriksa semua data-datanya, dan kami akan mengirim semua petugas untuk datang mengecek supaya jangan sampe mereka mengadakan kontek dengan dokter dan petugas medis, tanpa mengkoordinasikan statusnya bahwa mereka adalah pasien dalam pemantauan (PDP),” jelasnya.

Namun, dikatakan Iqbal kedua pasien PDP tersebut belum bisa dipstikan positif Covid-19. Sebab masih harus menunggu keputusan dari pusat.

“Belum ada hasilnya. Statusnya adalah PDP meninggal,” jelasnya.

Sebelumnya, terdapat satu orang pasien yang meninggal dunia dan dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19).

Saat ini Selasa 24 Maret 2020, pukul 12.39 Wita, dari data terupdate Dinas Kesehatan Kota Makasssar sudah ada 12 pasien proses pemantauan (ODP), 18 pasien dalam pemantauan (ODP), 27 pasien masih dirawat (PDP), 4 pasien pulang dan sehat (PDP), 1 pasien meninggal dan dinyatakan Positif Covid-19, dan 2 pasien PDP meninggal. (*)

Komentar