oleh

Penanganan Corona, 70 Warga Dalam Pemantauan Pemkab Barru

Editor : Lukman Maddu-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Bupati Barru Suardi Saleh menggelar konferensi pers terkait antisipasi dan penanganan penyebaran Covid-19 di kabupaten berjuluk “Kota Hibridah” itu, Rabu (24/03/2020).

Kepada wartawan, Suardi Saleh yang didampingi Plh Sekda Barru, Abustan, Kepala Dinas Kesehatan, dr Amis, dan Kepala Dinas Kominsta, Syamsuddin, Kepala Pelaksana BPBD, Nasriah Madjid, mengurai berbagai langkah yang sedang dijalankan Pemkab Barru dalam mencegah penyebaran virus mematikan ini.

Dalam keterangan persnya di aula Media Center Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barru, Suardi Saleh menyebut jika saat ini ada sekitar 70 warga yang berada dalam pemantauan.

70 warga yang berada dalam pemantauan itu, selain tujuh diantaranya yang diisolasi sementara karena memiliki riwayat pernah berinteraksi dengan korban meninggal akibat Corona di Makassar, juga ada 63 yang sedang dipantau.

“Sampai saat ini, ada 70 ODP (Orang Dalam
Pemantauan) yang tersebar diberbagai kecamatan. Kami terus pantau perkembangannya,” kata Suardi Saleh kepada wartawan.

ODP tersebut, sebagian diantaranya pernah berkunjung ke luar daerah yang ditemukan ada korban Corona. Begitu juga warga yang pernah berinteraksi langsung dengan ODP lainnya. Sejauh ini, kondisi kesehatan yang dipantau tetap normal.

Suardi Saleh menambahkan, dari 70 warga yang berstatus ODP itu, terbanyak berada di Kecamatan Mallusetasi, yakni 26 orang. Pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan tindakan.

“Tindakan yang kita lakukan sementara adalah penyelidikan epidemiologi, edukasi, dan pemantauan berkala, serta isolasi mandiri,” tambah Suardi Saleh.

Khusus di Dusun Labungnge yang sebelumnya sudah diisolasi, Pemkab akan menyerahkan bantuan logistik ke semua warga di dusun tersebut. Termasuk kepada 7 warga yang berada dalam status ODP, hasil pemeriksaannya akan dikirim ke laboratorium untuk memastikan apakah negatif atau positif.

Berdasarkan pantauan, konferensi pers ini juga ditandai dengan dibukanya Posko Gugus Tugas dan Media Center Penanganan Corona, serta launching website untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan penanganan Corona dan data lainnya di http://covid19.barrukab.go.id/. (Humas Barru)

Komentar