oleh

Anggaran Reses DPRD Makassar Naik 100 Persen

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Headline, Metro, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Agenda reses pertama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar untuk tahun 2020 telah disetujui.

Hal tersebut, berdasarkan keputusan hasil rapat bersama pimpinan DPRD Kota Makassar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, pada Selasa 24 Maret 2020 kemarin yang membahas rancangan Peraturan Walikota (Perwali) Makassar perihal pedoman teknis pelaksanaan kegiatan reses dan pedoman teknis pelaksanaan kegiatan sosialisasi penyebarluasan informasi Perda.

Sekertaris DPRD Kota Makassar, Abd Azis Hasan mengatakan, telah disiapkan anggaran masing-masing anggota dewan sebesar Rp105 juta untuk dana sekali reses bagi 50 anggota dewan.

Jika ditotalkan, lanjutnya, anggaran reses tahun ini sebanyak Rp5,250 miliar. Angka tersebut dianggap tinggi sebab jika dibandingkan dengan tahun lalu hanya Rp2,1 miliar.

“Iya telah disetujui. Jadi Rp105 juta itu masing-masing anggota dewan kalau tidak salah. Tapikan berbagai hal yang harus dia akomodir termasuk biaya transport untuk konstituen atau peserta reses yang diundang. Mereka reses tiga kali setahun. Memang tergolong besar sehingga ini dibahas beberapa kali. Bahkan Ketua DPRD mengatakan sampai delapan kali,” ujar Azis, Rabu (25/3/2020).

Azis belum bisa memastikan waktu pelaksanaan reses tersebut, lantaran pemerintah pusat menghimbau agar tidak melakukan kegiatan ditengah mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19).

“Tapi yang jelas schedule itu bulan empat tepatnya bulan April. Kita menunggu saja perkembangan. Tetap di agendakan tapi harus menyesuaikan. Mudah-mudahan schedule yang sudah dibuat itu sudah masuk dalam fase aman disituasi sekarang,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya setiap legislator mendapatkan jatah tiga kali reses atau setiap empat bulan sekali. Setiap anggota dewan harus melaksanakan reses selama 6 kali disetiap lokasi yang berbeda selama 3 hari. (*)

 

Komentar