oleh

Sulsel akan Gunakan Drone, Deteksi Dini Infeksi Covid-19

Editor : Ashar Abdullah-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 bergerak cepat untuk melakukan penangan dan pencegahan penyebaran covid-19.

Dua drone akan didatangkan untuk mengecek suhu tubuh masyarakat yang sedang berlalu lalang di tempat umum. Drone tersebut dipesan di Jakarta dan akan sampai ke Sulsel pada Senin mendatang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, mengatakan dengan adanya drone tersebut maka akan semakin cepat mendeteksi orang-orang yang telah terinfeksi covid-19.

Selanjutnya, jika suhu tubuh yang terdeteksi mencapai atau melebihi 37 derajat celcius maka yang bersangkutan akan ditangani secaptnya.

“Inshaallah Hari Senin sudah ada dronenya, dan akan langsung kita fungsikan. Jadi seperti yang ada di bandara itu kan ada pendeteksi suhu tubuhnya, kalau kita untuk memutus mata rantai dilakukan lewat udara pakai drone,” beber Andi Sumangerukka, melalui video conference bersama awak media, Sabtu (28/3).

“Perlu diketahui drone tersebut dirakit sendiri di Indonesia, namun beberapa komponennya berasal dari luar negeri,” sambungnya.

Diketahui update data pantauan Covid-19 di Sulsel hari ini, jumlah ODP sebanyak 365 orang, 80 PDP (70 masih dirawat, 8 sehat dan pulang), sementara jumlah yang positif sebanyak 33 orang. 29 diantaranya masih dirawat diberbagai RS Rujukan, 4 diantaranya meninggal dunia. (*)

Komentar