oleh

Aliyah Mustika Berharap Pemerintah Menyiapkan Penginapan Bagi Nakes Covid-19

Editor : MD Fajar-Metro, Pemerintahan, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN. COM – Menindak lanjuti arahan anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, untuk penyediaan penginapan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang telah menangani pasien covid-19, Dirut RS Wahidin, Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) bersama jajaran stafnya menggelar rapat koordinasi bersama ibu Aliyah.

“Kita inginkan yang terbaik bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan. Berbagai hal meski difikirkan, karena mereka adalah garda terdepan,” ujar Aliyah Mustika Ilham.

Dalam rapat tersebut, Dirut RSUP Wahidin, Dr dr Khalid Saleh, menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Aliyah Mustika Ilham kepada para nakes. “Alhamdulilah ibu Aliyah hingga kini banyak membantu di RS Wahidin khususnya dalam penanganan Covid 19,” ujarnya, Minggu (29/3).

Pemanfaatan gedung BBPK kedepannya, sesuai arahan Aliyah Mustika Ilham akan difungsikan sebagai ruang isolasi bagi nakes selama 14 hari.

“Kita tidak ingin, nakes mengalami stres selama penanganan pasien Covid 19, sehingga akan dilakukan rolling sistem untuk nakes,” ujar dr Khalid.

Dengan rolling system ini memberikan kesempatan kepada para nakes untuk bertemu dengan keluarganya.

Namun sebelum kembali ke keluarga masing-masing mereka diharuskan isolasi di BBPK selama 14 hari.

“Ini untuk memastikan bahwa nakes kita benar-benar aman dari virus Covid 19, saat kembali berkumpul bersama keluarga,” ujarnya.

Pihak RS Wahidin dan BBPK pun telah menyepakati beberapa SOP yang harus dilaksanakan oleh nakes selama masa isolasi.

“Selama isolasi berlangsung tentu tidak terlepas dari SOP, serta konsep physical distancing termasuk meminimalkan kontak fisik,” lanjutnya.

Dengan adanya fasilitas ini, nantinya seluruh nakes di RSUD Wahidin akan di rolling dalam merawat pasien Cobid 19.

Sementara itu Kepala BBKP, Laode Musafin memaparkan kesiapan BBKP, mulai dari kesiapan penjemputan nakes, kebutuhan selama mereka dalam isolasi, hingga sarana olahraga, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan SOP dari Kementrian Kesehatan.

“Insya Allah per tanggal 1, kami sudah siap menerima kehadiran nakes dari RS Wahidin untuk diisolasi di tempat ini,” ujarnya.

Komentar