oleh

Sikapi Covid-19, Iqbal Suhaeb Akan Realokasi Anggaran

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pejabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb intruksikan seluruh Kepala pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Makassar, untuk lakukan refocusing atau realokasi anggaran pada tanggap Corona Virus Disease (Covid-19).

Iqbal mengimbau, supaya anggaran seluruh OPD perlu direalokasi dan menghilangkan kegiatan yang bersifat seremoni termasuk anggaran perjalanan dinas, untuk difokuskan pada kegiatan penanggulangan dampak Covid-19.

“Sejenis bantuan langsung, social savety net untuk masyarakat miskin, saya suka yang dilakukan Dinas Koperasi dengan merevisi kegiatannya yang sifatnya seremonial, dan menggantinya dengan membeli kain, dan kain itu diberikan ke UKM untuk selanjutnya dibuat masker yang bisa dijual ke masyarakat sehingga bisa tetap survive,” ujar Iqbal, Minggu (29/3/2020).

Begitupun juga dengan Dinas Sosial (Dinsos), yang menggunakan anggarannya untuk memberi bantuan seperti sembako kepada masyarakat melalui tenaga sukarela di kelurahan. Pasalnya, Dinsos akan mendata mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga RW/ RT siapa saja masyarakat miskin yang terdampak dengan kebijakan social distancing ini.

“RT/RW lah yang akan membagi ke setiap masyarakat, sehingga physical distancing-nya tetap kita jaga. Datanya harus akurat, by name by address harus jelas. Kita juga arahkan dana kelurahan kepada sifatnya yang miskin baru. Kegiatan tersebut jangan terjadi pengumpulan,” ungkapnya.

Perihal pengadaan sembako, Iqbal menyebut akan menjadi tanggung jawab dari Dinas Perdagangan (Disdag). Sehingga Dinsos dan Disdag akan berkolaborasi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. (*)

Komentar