oleh

DPR Ketok Palu Penundaan Pilkada Serentak 2020

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Metro, Pemerintahan, Pilkada, Politik-

BACAPESAN.COM – Pilkada serentak September 2020 akhirnya ditunda. Keputusan itu diambil pasca Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR-RI, Kemendagri, KPU dan Bawaslu, Senin (30/3).

Adalah Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar yang mengabarkan jika Pilkada serentak 2020 diundur menjadi 2021. Namun belum ada keterangan resmi dari Komisi II tapi mereka membenarkan telah usai RDP dengan KPU dan Bawaslu membahas penundaan Pilkada.

”Membicarakan evaluasi pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 sehubungan dengan adanya kondisi darurat akibat Covid-19,” kata Wakil Ketua Komisi II, Arwani Thomafi kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Anggota Bawaslu Fritz sendiri mengumumkan penundaan itu melalui akun instagram pribadinya yang diunggah pada Senin (30/3/2020) pukul 18.33 WIB.

Dalam postingan tersebut Fritz menyebut RDP Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP sepakat menunda pilkada serentak dengan pemungutan suara tanggal 23 September 2020 ditunda sampai tahun 2021 yang tanggalnya akan ditentukan kemudian. Alasan yang akan digunakan sebagai payung hukum adalah Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang).

Dana Hibah pemerintah untuk Pilkada yang telah ditandatangani dalam NPHD akan dikembalikan kepada Pemda untuk digunakan penanganan bencana nonalam Covid-19. (*)

Komentar