oleh

Ini Negara yang Belum Terjangkiti Virus Corona

Editor : Ashar Abdullah-Headline, Kesehatan, Metro, Peristiwa-

BACAPESAN.COM – Virus corona (COVID-19) telah melanda ratusan negara. Laman Worldometers pada Senin (30/3) mencatat jumlah kasus COVID-19 di seluruh dunia sudah mencapai 721.412 dengan angka kematian 33.956 jiwa.

Namun, ada sejumlah negara yang hingga saat ini masih aman dari pandemi global itu. Sejauh ini terdapat setidaknya 22 negara yang belum terjangkiti virus mematikan tersebut.

Negara-negara yang tercatat belum memiliki kasus COVID-19 itu ada di Afrika, Asia dan Oceania. Bisa jadi, keputusan sejumlah negara menutup pintu masuk sebelum terjangkiti COVID-19 menyelamatkan mereka dari wabah itu.

Lantas, negara mana saja yang masih belum terjangkiti COVID-19?

Yaman
Negeri di Timur Tengah ini memiliki populasi sekitar 29 juta jiwa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan saat ini tidak ada kasus COVID-19 di negeri yang tengah berkonflik itu.

Namun, perwakilan WHO di Yaman tetap berupaya mempersiapkan diri jika ternyata ada kasus COVID-19 di negeri yang beribu kota di Sanaa tersebut. “Kami meningkatkan upaya kesiapsiagaan dan respons ketika ada kasus terkonfirmasi,” kata seorang perwakilan WHO di Yaman kepada Arab News.

Korea Utara
Negeri berpenduduk sekitar 25 juta jiwa ini mengaku masih steril dari virus corona meski sudah mengarantina 10 ribu warganya. Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un juga dikabarkan telah meninggalkan Pyongyang untuk menghindari wabah corona.

Malawi
Negara di Afrika dengan populasi 19 juta jiwa ini tampak sudah bersiap-siap mencegah corona. Presiden Malawi Peter Mutharika telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional untuk mencegah penularan.

Oleh karena itu, Malawi telah meliburkan seluruh sekolah dan perguruan tinggi sejak 23 Maret lalu. Malawi juga membatasi pertemuan warganya.

Burundi
Pada 21 Maret lalu Burundi menghentikan seluruh penerbangan yang hendak masuk ataupun meninggalkan wilayahnya. Langkah itu sebagai upaya pemerintah Burundi melindungi keselamatan 11,9 juta warganya dari corona.

Sudan Selatan
Pemerintah Sudan Selatan menutup seluruh bandaranya dan perbatasan darat pada 23 Maret silam. Negeri berpenduduk 11,2 juta jiwa itu juga memerintahkan lembaga penegak hukum menindak pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Selain Malawi, Sudan Selatan dan Burgundi, ada sejumlah negara di Afrika yang masih belum terjangkiti COVID-19. Di antaranya adalah Sierra Leone, Botswana, Lesotho, Comoros, Sao Tome and Principe.

Selanjutnya, ada sejumlah negara di zona Oceania yang belum memiliki kasus COVID-19. Negara-negara itu ada di kawasan Samudra Pasifik, antara lain Solomon Islands, Vanuatu, Samoa, Kiribati, Micronesia, Tonga, Marshall Islands, Palau, Tuvalu, dan Nauru.

Di Benua Asia juga ada dua negara selain Yaman dan Korut yang masih belum terjangkiti COVID-19, yakni Tajikistan dan Turkmenistan. Walakin, ada suspect COVID-19 di Yaman, Korut dan Tonga.(dailystar/ara/jpnn)

Komentar