oleh

41 Napi di Rutan Makale Hirup Udara Segar

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Cherly-Daerah, Tana Toraja-

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Sebanyak 41 narapidana di rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Makale Kabupaten Tana Toraja (Tator) mendapatkan asimulasi rumah narapidana.

Hal ini berdasarkan surat edaran peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, serta Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepala Rutan Makale, Luther Pata’dung mengatakan, kriteria pemberian asimilasi di rumah yakni narapidana yang dua per tiga masa pidananya jatuh sampai dengan tanggal 31 Desember 2020 dan anak yang satu per dua masa pidananya jatuh sampai dengan tanggal 31 Desember 2020 serta berkrlakuan baik dalam rutan.

“41 Narapidana yang mendapatkan asimilasi tersebut tidak ada napi korupsi, karena sesuai dengan PP nomor 99 tahun 2012 tentang remisi, dimana didalam ada tertuang bahwa napi korupsi tidak bisa diberikan remisi,” jelasnya. (*)

Komentar