oleh

Tidak Ada Keringanan Untuk Iuran BPJS Kesehatan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan hingga saat ini tidak memberikan keringanan terkait iuran JKN meski masyarakat Indonesia diterjang wabah corona.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Greisthy E. L Borotoding mengatakan, hingga saat ini tidak ada perubahan terkait iuran BPJS kesehatan.

“Pembayaran iuran JKN masih tetap mengacu ke peraturan presiden no 82 dan 75 tentang Jaminan Kesehatan. Itulah regulasi induk yang menjadi pedoman kami dalam pelaksanaan JKN selain Undang-undang,” terangnya Senin(06/04/2020).

Adapun besaran iuran pada peraturan presiden no 82 dan 75 tersebut menyebutkan bahwa iuran Kelas I sebesar Rp.160.000,00/orang/bulan, Kelas II sebesar Rp.110.000,00/orang/bulan dan Kelas III sebesar Rp.42.000,00/orang/bulan.

“Saat ini kami sifatnya menunggu jika nantinya ada kebijakan terkait iuran atau pembayaran iuran peserta baik Badan Usaha atau peserta mandiri. Prinsipnya kami BPJS Kesehatan siap menindaklanjuti apa yg menjadi keputusan pemerintah.” tambah Greisthy

Iuran JKN tersebut menjadi iuran pokok yang harus dibayar oleh masyarakat meski saat ini sebagian masyarakat dihimpit permasalahan ekonomi akibat peraturan pemerintah yang mengharuskan setiap orang tetap dirumah sehingga tidak produktif. (*)

 

Komentar